10 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Mengobati Batuk

Rabu, 18 Januari 2023 - 07:58 WIB
loading...
A A A
Selain menghangatkan tubuh Anda saat cuaca dingin, air jahe dan madu juga cocok untuk obat batuk secara alami. Hangatnya jahe, bisa meredakan tenggorokan Anda yang sedang tidak baik-baik saja.

Begitu juga dengan madu, sejak dulu bahan alami yang berasal dari lebah ini bisa membantu mengobati berbagai penyakit. Termasuk batuk, apalagi dicampur dengan air rebusan jahe.

3. Belimbing Wuluh

Anda akan cukup mudah menemukan belimbing wuluh di pasar. Tak hanya cocok dijadikan bahan tambahan makanan, buah ini juga cocok jadi salah satu obat alami untuk menyembuhkan batuk.

Meskipun rasanya sangatlah asam, tapi belimbing wuluh dipercaya sebagai obat batuk alami yang ampuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan di dalamnya, yaitu mengandung anti radang.

4. Cuka Apel

Selanjutnya adalah cuka apel, jadi salah satu bahan alami untuk menyembuhkan batuk atau juga flu. Bahan tersebut di dalamnya mengandung zat antibakteri, disebut dengan asam asetik.

Zat yang ada di dalam cuka apel ini mampu memecah gumpalan lendir serta mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

5. Kencur

Siapa sangka, selain jadi bumbu utama untuk membuat seblak, kencur juga cocok jadi obat alami untuk mengobati batuk Anda. Di dalamnya mengandung atsiri yang mampu membuat tenggorokan menjadi terasa lebih lega, seperti yang ada pada jeruk nipis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)