Cara Batasi Penggunaan Gadget pada Anak Selama Pandemi Corona

Selasa, 28 April 2020 - 16:01 WIB
loading...
Cara Batasi Penggunaan Gadget pada Anak Selama Pandemi Corona
Penting bagi orang tua untuk membatasi gadget pada anak selama pandemi virus corona. Lalu bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Terlalu lama menggunakan gadget dapat mengundang beberapa masalah kesehatan, seperti obesitas, sakit leher, dan lainnya. Inilah yang perlu diperhatikan para orang tua untuk mengurangi waktu anak-anak mereka dalam menggunakan gadget saat pandemi virus corona selama di rumah.

Berdiam diri di rumah selama berminggu-minggu memang membosankan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun ingin keluar untuk bermain, tetapi mereka tidak bisa. Oleh sebab itu, Ketika tetap di rumah, kemungkinan anak-anak akan menggunakan gadget sebagai cara mengatasi rasa bosan.

Namun, perlu diperhatikan, terlalu lama di depan layar gadget atau televisi yang berlebihan dapat mengundang masalah kesehatan seperti membuat mata tegang dan bahkan gangguan pada struktur dan fungsi otak.

Berikut hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam membatasi penggunaan gadget pada anak seperti dilansir laman Times Now News.

1. Bebaskan anak dari gadget
Cobalah untuk membuat zona bebas teknologi di mana Anda tidak mengizinkan anak-anak menggunakan smartphone atau laptop. Sebaiknya, dorong anak-anak untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

2. Digital detox
Jauhi penggunaan gadget apa pun untuk jangka waktu tertentu dan pastikan anak-anak tidak menggunakan ponsel satu jam sebelum tidur.

3. Monitor konten
Anda harus melindungi anak-anak Anda dari konten berbahaya, tetapkan peraturan dan awasi apa yang anak anda lihat di gadget. Jangan berikan anak-anak smartphone sendiri san batasi penggunaannya.

4. Mendidik
Anda harus mengajarkan anak-anak agar mereka paham akan konten berbahaya. Jelaskan kepada mereka jika menonton film dengan konten kekerasan dapat mengganggu pikiran mereka.

5. Berikan permainan lain
Ajak anak-anak Anda untuk bermain memecahkan teka-teki, membaca buku, atau mendengarkan musik untuk mengembangkan kreativitas.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)