5 Manfaat Konsumsi Ikan Lele, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung

Jum'at, 14 April 2023 - 05:50 WIB
loading...
5 Manfaat Konsumsi Ikan Lele, Salah Satunya Jaga Kesehatan Jantung
Ikan lele memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Lele merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan dan diolah menjadi makanan. Meskipun harganya cukup murah, namun ikan lele tetap memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Selain itu, cara penyajiannya mudah dan harganya pun terjangkau, sehingga diminati oleh banyak orang. Menariknya, ikan lele merupakan salah satu spesies ikan tertua dan tersebar luas di seluruh. Hal tersebut dikarenakan kemampuan ikan lele untuk beradaptasi dengan baik dengan lingkungannya.

Lantas apa saja manfaat ikan lele? Berikut ulasan selengkapnya, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (14/4/2023).


1. Sumber Protein Tanpa Lemak

Protein adalah salah satu sumber energi utama untuk diet. Protein berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan dan otot, serta berfungsi sebagai bahan penyusun banyak hormon, enzim, dan molekul lain.

Dalam 100 gram lele terdapt 105 kalori. Ikan lele menjadi sumber protein padat nutrisi dan dapat membantu menurunkan berat badan karena membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Ikan lele memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cenderung tinggi dibanding dengan makanan lain.

Salah satu manfaat dari asam lemak omega-3 adalah perannya dalam kesehatan otak. Selain itu juga membantu mengobati kondisi neurologis dan mental, serta kehilangan memori. Namun, manfaat kesehatan tersebut masih perlu dilakukan penelitian lebih jauh.


3. Mencegah Anemia

Kandungan vitamin B12 yang tinggi pada ikan lele berfungsi untuk mencegah anemia. Selain itu juga bisa jadi pilihan menu sehat untuk penderita anemia. Namun, penelitian lebih lanjut terkait manfaat ikan lele untuk anemia ini masih perlu dilakukan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan omega-3 pada ikan lele diketahui dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, dan mengurangi risiko jantung koroner. Asam lemak omega-3 tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu alternatif untuk mendapatkan sumber gizi ini adalah dengan mengonsumsi ikan lele.

5. Jaga Kesehatan Sel dan Jaringan Tubuh

Ikan lele mengandung protein di dalamnya. Mengonsumsi protein setiap hari dapat menjaga kesehatan sel dan jaringan tubuh. Terganggunya sel dan jaringan pada tubuh dapat menyebabkan gangguan fungsi tubuh.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)