Kaya Nutrisi, Ikan Lele Bagus untuk Mencegah Stunting

Jum'at, 17 Februari 2023 - 19:59 WIB
loading...
Kaya Nutrisi, Ikan Lele Bagus untuk Mencegah Stunting
Orang tua bisa memperkenalkan anak-anaknya dengan lauk ikan sejak dini, pasalnya ikan sangat membantu dalam mencegah stunting. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Orang tua bisa memperkenalkan anak-anaknya dengan lauk ikan sejak dini. Pasalnya, ikan sangat membantu dalam mencegah stunting.

Namun, sayangnya masyarakat Indonesia cenderung lebih gemar mengonsumsi daging sapi dibanding ikan. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Dengan harga daging sapi yang cenderung lebih mahal, masyarakat bisa memilih ikan yang memiliki harga lebih murah dan bisa membantu mencegah stunting , seperti ikan lele.

Baca juga: Faktor Penyebab Obesitas pada Anak yang Wajib Diketahui Para Orang Tua

Keunggulan ikan lele untuk mencegah stunting akibat kekurangan gizi kronis di antaranya yakni karena mengandung asam lemak omega 3 tinggi untuk perkembangan mata, otak, dan jaringan syaraf serta memiliki komposisi asam amino lengkap.

Seperti mengutip laman kesehatan Alodokter, ikan lele memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

"Kandungan gizi ikan lele meliputi protein, lemak, kalsium, selenium, fosfor, natrium, kalium, serta beberapa vitamin, seperti vitamin A, B1, dan B12," sebut Alodokter dalam laporannya, yang dikutip Jumat (17/2/2023).

Selain itu, ikan lele dilengkapi dengan DHA dan EPA yang merupakan jenis asam lemak omega-3.

Bukan hanya kaya kandungan nutrisi yang mudah dicerna dan diserap tubuh, serta sumber vitamin D dan kalsium bagi pertumbuhan tulang, ikan lele juga merupakan salah satu ikan dengan kandungan merkuri yang rendah.

Kandungan merkuri yang rendah dapat membantu mencegah risiko stunting pada anak lebih optimal. Pasalnya, makanan tinggi merkuri berisiko menyebabkan kerusakan pada sistem saraf yang juga berisiko menimbulkan berbagai gangguan tumbuh kembang pada anak.

Selain itu, kandungan protein pada ikan lele juga dapat menjadi sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitas anak sehari-hari. Protein juga berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot dan sistem imun, serta menjadi bahan penyusun beragam hormon dan enzim tubuh.

Baca juga: Bukan Penyakit, Apakah Transgender Bisa Disembuhkan?

Dalam 100 gram ikan lele mengandung sekitar 18 gram protein, sedangkan kebutuhan protein harian untuk anak berusia kurang dari 4 tahun hanya sebanyak 13 gram. Jadi, dengan membagi 100 gram ikan lele ini ke dalam 3 porsi waktu makannya, orang tua bisa memenuhi kebutuhan protein si kecil dalam sehari.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)