Begini Cara Buat Tempura Udang Khas Jepang

Selasa, 30 Agustus 2016 - 06:03 WIB
Begini Cara Buat Tempura Udang Khas Jepang
Begini Cara Buat Tempura Udang Khas Jepang
A A A
JAKARTA - Salah satu makanan Jepang yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah tempura. Biasanya berupa udang dan sayuran berbalut tepung yang digoreng renyah dan disajikan dengan saus khas negeri sakura yang gurih dan lezat.

Sajian tempura ini biasa disantap siang hari bersama dengan nasi, mi, atau disantap langsung. Nah, jika selama ini Anda membeli, kali ini bisa membuat sajian khas ini lantaran pembuatannya tidaklah sulit dan memerlukan waktu yang singkat.

Dikutip Delicious.com.au, berikut cara membuat Tempura Undang dan Sayuran sebagai pilihan menu makan siang Anda dan keluarga. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:
Minyak bunga matahari atau minyak zaitun
12 bh udang ukuran besar, kupas
150 gram macam-macam sayuran (baby wortel, asparagus, brokoli, jamur shiitake, atau zucchini), potong-potong
Daun bawang, untuk hiasan

Untuk saus:
150 ml air kaldu ayam
2 sdm kecap asin

Adonan tempura:
1 butir kuning telur
350 ml air dingin
200 gram tepung terigu atau tepung kentang jika ingin hasil tempura lebih renyah

Cara membuat:
Untuk saus; campurkan semua bahan ke dalam panci kecil, kemudian didihkan di atas api sedang, lalu matikan api. Tutup panci agar tetap hangat.

Untuk adonan; campuran kuning telur dan air es ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan tepung dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Adonan harus sedikit lebih kental dari biasanya. Sisihkan.

Panas minyak dalam panci dalam penggorengan. Bilas udang, kemudian keringkan dengan handuk kertas. Celupkan udang ke dalam adonan tempura, lalu goreng selama 1-2 menit sampai berwarna coklat keemasan. Kemudian angkat dan tiriskan. Lakukan hal yang sama dengan sayuran.

Sajikan tempura dengan saus dan taburan daun bawang. Makan siang Anda pun siap dengan cara mudah dan cepat. Tentunya dengan rasa gurih dan lezat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3825 seconds (0.1#10.140)