Dada Sesak Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung

Minggu, 25 September 2016 - 05:11 WIB
Dada Sesak Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung
Dada Sesak Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung
A A A
JAKARTA - Banyak orang menganggap remeh penyakit dalam tubuh, seperti rasa tidak nyaman di dada. Ada baiknya segera memeriksakan ke dokter. Bisa jadi itu tanda serangan jantung.

World Heart Federation mengungkapkan penyakit jantung menjadi penyebab utama kematian di dunia. Selain itu, riset kesehatan dasar (RISKESDAS) 2013 mencatat prevalensi penyakit jantung koroner berdasarkan gejala dan telah didiagnosis dokter sebesar 1,5%.

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) Dr dr Ismoyo Sunu SpJP (K) FIHA FasCC menjelaskan penyakit jantung memiliki gejala yang harus diwaspadai. Salah satunya rasa tidak nyaman di dada yang tidak biasa. Kondisi ini pun harus dicurigai sebagai serangan jantung.

"Serangan identik dengan atau keuhan adalah rasa tidak nyaman di dada. Terkadang gejala ini selalu keliru dengan gejala masuk angin. Rasanya berupa nyeri tidak tajam. Rasanya begitu kuat di belakang tulang dada," kata Ismoyo di Jakarta.

Selain rasa tidak nyaman di dada, umumnya, gejala penyakit ini disertai dengan gejala keringat dingin, ketakutan, hingga pingsan. "Sakit yang dirasakan bisa menjalar ke lengan, leher, seperti orang sakit maag," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3307 seconds (0.1#10.140)