Jangan Terlalu Berlebihan Merawat Rambut

Selasa, 04 Oktober 2016 - 09:23 WIB
Jangan Terlalu Berlebihan Merawat Rambut
Jangan Terlalu Berlebihan Merawat Rambut
A A A
BANDUNG - Memiliki rambut yang sehat, dan berkilau menjadi dambaan bagi para kaum wanita. Demi mendapatkan rambut indah, wanita bahkan tak segan-segan mengeluarkan kocek yang besar demi berbagai perawatan yang mahal. Akan tetapi, ternyata untuk mendapatkan rambut yang sehat, sebenarnya tidak perlu berlebihan dalam merawatnya.

Menurut dr. Diana Moeliono, Sp.KK, MKes, merawat rambut sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dan sesuai kebutuhan, tanpa perlu menguras dompet. Ia mengatakan, yang paling utama dalam perawatan rambut adalah memakai jenis sampo yang sesuai dengan kondisi kulit dan rambut.

"Jika kulit dan rambut kita berminyak, maka pakailah jenis sampo untuk rambut berminyak. Begitu pun dengan jenis rambut lainnya, misalkan rambut kering, maka pakailah sampo yang sesuai. Jangan sampai, kita memakai sampo yang tidak tepat dan malah berdampak buruk pada kondisi kulit dan rambut," ujarnya.

Pada dasarnya, tubuh kita memiliki kemampuan yang mumpuni untuk mengatur ritme produksi dan kebutuhan minyak pada kulit kepala dan rambut kita. Diana menyebutkan, jika keringat itu sedikit-sedikit itu langsung dihilangkan, malah tubuh kita akan "berpikir" bahwa kulit kepala dan rambut masih kekurangan minyak, makanya tubuh bisa saja memproduksi lebih dari yang dibutuhkan.

Tak hanya itu, ia menuturkan, dalam merawat rambut sebaiknya jangan memakai sampo secara berlebihan. Cukup seminggu 3 kali memakai sampo, maka sudah bisa menghilangkan kotoran di kulit dan rambut. Karena penggunaan sampo yang berlebihan, bisa menghilangkan kandungan minyak yang bahkan dibutuhkan oleh kulit kepala dan rambut.

Selain itu, agar rambut tidak mengalami kerusakan yang berat, sebaiknya tidak terlalu banyak memanipulasi rambut. Misalkan saja, sebaiknya menyisir rambut dengan sisir yang jarang (tidak terlalu rapat), tidak sering menggunakan hair dryer, tidak selalu mewarnai rambut, serta tidak sering mem-blow rambut.

"Pada dasarnya memanipulasi rambut bisa mengakibatkan kerontokan. Merawat rambut tidak berlebihan sebenarnya bisa jadi modal mendapatkan rambut yang lebih sehat," katanya.

Pemakaian conditioner pada rambut usai menggunakan sampo pun, sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan conditioner cenderung bisa membuat kulikula pada batang rambut menjadi lebih halus dan lembut. Diana menyarankan, agar pada awal membasahi rambut sebaiknya memakai air hangat baru dipakaikan sampo.

"Pemakaian air hangat ini, bisa membuka pori-pori kutikula lebih lebar sehingga pembersihan samponya pun bisa lebih maksimal. Baru setelahnya dipakainya conditioner dan terakhir dibilas dengan air dingin," paparnya.

Untuk perawatan harian, sebenarnya tidak perlu memakai sampo setiap hari. Kecuali jika anda memiliki jenis kulit kepala dan rambut yang sangat kering, maka penggunaan hair tonic sangat dianjurkan. Selain itu, untuk perawatannya, Anda pun bisa mencuci rambut dan kulit kepala sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Untuk perawatan bulanan, Anda pun bisa secara teratur memakai deep conditioning seperti hair mask.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5243 seconds (0.1#10.140)