Tunda Penuaan dengan Stem Cell

Sabtu, 22 Oktober 2016 - 02:06 WIB
Tunda Penuaan dengan Stem Cell
Tunda Penuaan dengan Stem Cell
A A A
JAKARTA - Terapi stem cell atau sel punca diyakini menjadi dasar terapi masa depan untuk menggantikan obat dan terapi konvensional. Berbagai uji klinis yang dilakukan peneliti maupun lembaga penelitian terhadap perkembangan sel punca ini sudah banyak dilakukan.

Semakin meningkatnya penyakit degeneratif di Indonesia dan menjamurnya klinik-klinik kecantikan membuat masyarakat banyak berharap kepada terapi stem cell untuk pengobatan maupun kecantikan. Salah satu terapi stem cell terobosan baru adalah anti-penuaan (anti-aging) yang dapat memperbarui menggantikan penuaan sel.

"Anti aging hanya menunda atau mencegah penuaan bukan menghentikan penuaan. Seharusnya terjadi secara alami. Jadi anti aging itu bukan ke umur, tapi ke penuaannya," kata Kepala Laboratorium Stem Cell and Cancer Institute Yuyus Kusnadi PhD saat acara Stem Cell and Anti Ageing Revolution di Hotel Westin, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Di pasaran banyak ditawarkan metode peremajaan kulit dengan stem cell. Ada yang bermanfaat sebagai anti aging hingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Produk ini pun dikemas dengan berbagai macam bentuk, salah satunya cream.

Kendati demikian, Yuyus menyarankan masyarakat untuk waspada menggunakan produk kosmetik dengan stem cell. Pasalnya, stem cell hanya boleh dilakukan oleh ahlinya.

"Jadi orang mau pake stem cell itu harus cek sumbernya. Sumber resminya apa? Dicek sel hidup berapa? Sel mati berapa? Jangan salah pakai. Sekarang banyak stem cell yang dijual ilegal. Di mall-mall bilangnya stem cell," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5538 seconds (0.1#10.140)