Makan Malam Spesial dengan Nasi Hijau dan Steak Daging

Jum'at, 25 November 2016 - 19:18 WIB
Makan Malam Spesial dengan Nasi Hijau dan Steak Daging
Makan Malam Spesial dengan Nasi Hijau dan Steak Daging
A A A
JAKARTA - Menyiapkan makan malam spesial untuk suami dan keluarga Anda tentu tidak dapat setiap hari Anda lakukan. Namun tidak ada salahnya jika sesekali Anda meluangkan waktu khusus di dapur untuk membuat menu yang lezat dan menggugah selera keluarga tercinta.

Seperti menu Nasi Hijau dan Steak Daging ini, misalnya. Selain rasanya yang nikmat dan tampilan yang unik, sajian makan malam seperti ini tentu akan menjadi kejutan tersendiri bagi mereka yang menyantapnya. Penasaran seperti apa cara membuatnya? Berikut resep dari Taste.com.au yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:
25 ml kaldu ayam (dengan sedikit garam)
2 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
2 sdt gula kastor
1 sdm minyak kacang (dapat diganti dengan minyak zaitun)
150 gram steak daging sapi
Daun bawang untuk penyajian, iris tipis
Garam dan merica secukupnya

Untuk nasi hijau:
½ sampai 1 ikat bayam, potong kecil-kecil
Daun kemangi secukupnya, iris tipis
4 bh bawang merah, iris tipis
1 sdm minyak kacang (dapat diganti dengan minyak zaitun)
2 sdt jahe segar, cincang halus
200 gram beras, cuci bersih
500 ml air
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
Untuk beras, panaskan minyak dalam panci di atas api sedang. Tambahkan jahe, kemudian masak dan aduk selama satumenit atau sampai wanginya tercium. Tambahkan bayam, daun kemangi, dan bawang merah, aduk kembali selama 3 menit. Tambahkan beras, aduk rata. Tambahkan air, bumbui dengan garam dan merica, didihkan sambil diaduk sesekali. Kecilkan api, tutup panci, dan biarkan hingga matang selama 12 menit atau air menyerap. Sisihkan.

Sementara itu, tuangkan air kaldu, kecap, saus tiram dan gula dalam mangkuk kecil. Aduk sampai gula larut. Bumbui daging steak dengan garam dan merica, sisihkan dan biarkan menyerap.

Panaskan minyak dalam wajan besar dengan api besar. Masak daging steak selama 3-4 menit setiap sisinya (untuk setengah matang) atau sampai matang sesuai dengan keinginan Anda. Sisihkan selama 4 menit kemudian iris sesuai selera.

Selanjutnya, tuangkan campuran kaldu ke dalam panci. Masak dan aduk selama 1-2 menit atau sampai saus mengental. Sajikan nasi hijau dengan potongan steak daging sapi, tambahkan saus dan taburi dengan daun bawang diatasnya. Sajikan hangat.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3422 seconds (0.1#10.140)