Ini Alasan Kenapa Harus Rutin Ganti Busa Mandi

Selasa, 06 Desember 2016 - 16:18 WIB
Ini Alasan Kenapa Harus Rutin Ganti Busa Mandi
Ini Alasan Kenapa Harus Rutin Ganti Busa Mandi
A A A
JAKARTA - Banyak yang beranggapan bahwa busa mandi bisa membantu membersihkan tubuh dari bakteri dan kotoran. Namun, anggapan tersebut tidaklah tepat. Pasalnya, yang terjadi justru sebaliknya.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalan Journal of Clinical Microbiology menjelaskan, bahwa busa mandi bisa menjadi salah satu tempat tumbuhnya bakteri. Selain itu, busa mandi yang digosokkan ke kulit juga bisa menyebabkan sel kulit mati tersangkut di dalamnya.

Jika kondisi ini dibiarkan dan disimpan di tempat yang hangat dan lembap, maka bakteri akan berkembang dengan cepat. Dilansir dari Womansday, ahli dermatolog, Dr Stefanie Williams, menyarankan untuk tidak menggunakan busa saat mandi.

"Rekomendasiku adalah untuk memilih pembersih badan yang baik serta menggunakan tangan," papar Dr Stefanie.

Namun, jika Anda tetap harus menggunakan busa mandi, pastikan merawatnya dengan tepat. Salah satunya dengan membilas busa mandi setelah digunakan. Selanjutnya, keringkan busa di tempat yang terang dan bukan di kamar mandi yang lembap.

Jangan lupa ganti busa mandi secara rutin. Idealnya, busa mandi harus diganti setidaknya setiap tiga minggu sekali agar tidak menjadi tempat tumbuhnya jamur.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3992 seconds (0.1#10.140)