Ini Penjelasan Ilmiah Tentang Fenomena Disunat Jin

Rabu, 14 Desember 2016 - 10:19 WIB
Ini Penjelasan Ilmiah Tentang Fenomena Disunat Jin
Ini Penjelasan Ilmiah Tentang Fenomena Disunat Jin
A A A
JAKARTA - Belakangan ini masyarakat Indonesia tengah digegerkan dengan fenomena disunat jin. Sebuah kondisi di mana Mr P mengalami perubahan layaknya sirkumsisi atau disunat, meski belum melakukan sunat. Kondisi ini umumnya banyak ditemui pada anak-anak.

Terkait fenomena tersebut, spesialis bedah dari Rumah Sunatan, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBs menjelaskan, bahwa anggapan tersebut tidaklah tepat. Dalam dunia medis, kondisi ini merupakan kelainan genital yang disebut sebagai parafimosis.

"Parafimosis merupakan kondisi saat kulup Mr P tidak dapat ditarik kembali ke kepala Mr P. Akibatnya, kulup Mr P membengkak dan tersangkut, sehingga mencegah peredaran darah terjadi secara optimal pada Mr P. Hal ini sering disebut masyarakat Indonesia disunat jin," papar Mahdian saat temu media Rumah Sunatan di kawasan Tebet, Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Kondisi ini terlihat seperti Mr P yang telah disunat. Umumnya, parafimosis terjadi karena diameter ujung Mr P lebih kecil dibandingkan badan Mr P. Kendati demikian, kondisi ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Menurut Mahdian, parafimosis dipicu oleh kebiasaan anak menarik ujung Mr P ke belakang namun tidak dikembalikan lagi.

"Parafimosis bisa menggangu sirkulasi Mr P, anak akan merasakan sakit berhari-hari karena uretranya ketarik. Parafimosis harus hari itu juga disunat. Jangan sampai kejadian busuk karena aliran darahnya nggak lancar. Kalau mau dibalikin kulitnya susah. Bisa dibalikin tapi kalau dibius dulu," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6766 seconds (0.1#10.140)