Mengenal Bahaya Overhidrasi bagi Tubuh

Selasa, 05 Mei 2015 - 19:08 WIB
Mengenal Bahaya Overhidrasi bagi Tubuh
Mengenal Bahaya Overhidrasi bagi Tubuh
A A A
JAKARTA - Kondisi overhidrasi menimbulkan dampak negatif yang serius bagi kesehatan. Bahkan beberapa kasus dapat berakhir dengan kematian.

"Pengenalan overhidrasi sangat penting untuk diketahui terutama bagi yang menyukai olahraga berat seperti para atlet atau yang berolahraga dalam jangka waktu lebih lama," papar Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM (K) saat seminar media di RSCM, Selasa (5/5/2015).

Pakar fisiologi olahraga Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ermita Ilyas, menjelaskan, penyebab overhidrasi pada umumnya adalah minum berlebihan dalam jangka waktu beberapa jam.

"Kelebihan cairan dalam tubuh menyebabkan konsentrasi natrium dalam darah menjadi sangat rendah. Akibatnya keseimbangan antara elektrolit atau cairan luar sel dan dalam sel menjadi berubah," ucap Ermita.

Overhidrasi dapat menyebabkan gangguan kesadaran yang disebabkan oleh pembengkakan otak. Pasalnya, air dalam jumlah yang berlebihan masuk sampai ke dalam sel otak. Kondisi inilah yang membuat orang yang overhidrasi mengalami sakit kepala, gangguan kesadaran, koma dan akhirnya meninggal. "Kaki dan tangannya akan membengkak, begitu juga sel-sel otaknya," ujar Ermita.

Ermita menjelaskan, untuk memastikan seseorang mengalami overhidrasi sebaiknya dilakukan pemeriksaan kadar natrium plasma darah.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6908 seconds (0.1#10.140)