Memilih Buah Naga

Jum'at, 15 Mei 2015 - 08:41 WIB
Memilih Buah Naga
Memilih Buah Naga
A A A
BUAH naga (Hylocereus polyrhizus ) berasal dari kawasan Amerika Tengah yang kemudian menyebar sampai ke Asia.

Buah ini mengandung banyak vitamin, kalsium, dan serat tinggi. Rasanya nikmat dan bisa dimakan langsung, dibuat jus, agar-agar, ataupun keripik. Memilih buah naga perlu sedikit pengetahuan agar Anda tidak tertipu. Jika buahnya kurang baik, manfaatnya pun tidak akan maksimal.

1. Periksa kulit luar buah naga. Buah naga memiliki warna pink yang cerah dan mulus. Jika ada noda-noda kotor, memar, atau bekas pisau, sebaiknya dihindari.

2. Carilah buah naga yang warnanya merata. Sentuh batang buah naga. Batang yang empuk menunjukkan bahwa buah naga tersebut sudah matang.

3. Perhatikan juga daun atau kelopak yang menutupi kulit buah naga. Mereka pun harus berwarna cerah tanpa ada warna kecokelatan pada ujung-ujungnya.

4. Seperti buah alpukat atau buah mangga, buah naga yang sudah matang juga bisa diukur dari kekenyalan dagingnya. Tekan jari Anda ke dalam kulit buah naga, jika terlampau keras, berarti buah itu belum matang.

5. Cium aroma buah naga. Jika Anda mencium aroma tropis yang ringan, artinya daging di dalam kulit buah naga itu telah matang dan manis.

6. Tempatkan buah naga yang sudah Anda beli pada suhu kamar untuk memastikan kematangannya. Buah yang matang biasanya berwarna merah muda/pink . Setelah itu, Anda bisa menyimpan buah naga yang sudah matang di dalam kulkas selama lima hari.

Novi
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3682 seconds (0.1#10.140)