Proses Secangkir Kopi

Minggu, 17 Mei 2015 - 10:10 WIB
Proses Secangkir Kopi
Proses Secangkir Kopi
A A A
KOPI merupakan salah satu minuman yang populer di dunia. Rasanya hampir semua penduduk di dunia menyukai kopi untuk dinikmati pada pagi hari saat sarapan, saat istirahat siang, maupun saat makan malam.

Namun, ada satu hal penting di balik kenikmatan kopi yang biasa dinikmati di sejumlah kafe, yaitu pembuat kopinya yang biasa disebut barista .

Barista sebenarnya juga harus mengikuti pelatihan dasar untuk mengetahui dasar-dasar dalam meracik secangkir kopi yang nikmat. Barista adalah seorang laki-laki atau perempuan bartender yang biasanya bekerja di belakang counter .

Dia melayani minuman panas, baik berupa espresso maupun minuman dingin beralkohol dan nonalkohol. Tugas barista adalah mengekstrak dan menyajikan cita rasa terbaik yang ada dalam kopi tersebut, mengingat pada setiap kopi bisa memiliki rasa yang unik dan aroma yang khas. Sebenarnya siapa pun bisa menjadi barista , baik belajar secara autodidak maupun belajar di akademi barista atau bisa juga mengambil kursus.

Di Jakarta, ada salah satu tempat kursus barista yang siap mengajarkan seluruh proses untuk menjadi barista yang berkualitas. Terletak di Wisma Geha, Sarinah, Esperto Barista Course dapat mengajarkan kepada Anda pengetahuan tentang barista dan tentunya kopi. Pertama kali didirikan pada 18 Agustus 2009 oleh founder -nya yaitu Franky Angkawijaya. Franky mulai jatuh cinta dengan kopi pada tahun 1997 silam. Ketika itu beliau merasakan secangkir kopi di Sydney.

Pada waktu itu dia masih menempuh pendidikan di Sydney. Dimulai dari menjadi part timer barista di sebuah kafe, Franky mulai menyadari betapa ia jatuh cinta dengan dunia kopi. Dengan ambisi dan kerja keras, sekarang Franky menjadi pengajar di Esperto Barista School, konsultan bagi Monolog Cafe, serta owner dari PT Harvest Coffee Forenity.

Sepanjang waktunya di sekolah, Franky percaya bahwa kecenderungan kopi di Indonesia kurang dikembangkan. Melihat potensi ini, lalu dia mendirikan PT Harvest Coffee Forenity dan Esperto Barista Course. Ia melihat bahwa ini mengolaborasi bisnis dan kesenangan merupakan hal yang mungkin untuk menciptakan sebuah bisnis di bidang yang sangat ia sukai. Franky menyelesaikan studi diploma degree di Sydney International College of Tourism & Hotel Management.

Untuk memperdalam pengetahuan, dia melanjutkan studi di Curtin University of Technology dengan gelar bachelor of commerce di bidang manajemen pariwisata. Untuk mendapatkan pengetahuan langsung dari yang terbaik, Franky langsung terbang ke Bologna, Italia, untuk belajar secara profesional dan dilatih langsung oleh Italian barista champion. Pada tahun 2011 dan 2013, dia menjadi juri di Indonesia Barista Championship.

Untuk di Esperto, terdiri atas 3 pilihan kursus, yaitu 1 day crash course , 2 days latte art course, dan 3 days regular course . Untuk Anda yang hanya ingin tahu bagaimana meracik kopi dan membuat espresso, serta tidak memiliki waktu atau tidak ada niat untuk membuka kafe, maka bisa mengikuti 1 day crash course . Untuk 2 days latte art course , diarahkan untuk belajar membuat art pada latte, seperti membuat gambar hati dan sebagainya.

Pada kursus ini hanya fokus terhadap latte art dan tidak diajari dasarnya. Namun, sebelum fokus pada latte art , harus mengikuti 3 days regular course karena Anda akan diajarkan ilmu tentang kopi, mulai penjelasan kopi itu sendiri, penjelasan tentang roasting biji kopi, lalu cara memakai mesin, memakai grinder, hingga cara men-steam susu yang baik untuk menciptakan rasa latte yang pas serta diajarkan juga bagaimana mengekstrak kopi agar menjadi espresso yang rasanya pas.

Dan kenapa dibuat menjadi tiga hari karena hari pertama fokus pada pembuatan espresso . Hari kedua belajar untuk steam susu dan hari ketiga digabungkan keduanya. Adapun 3 days regular course ini waktunya seharian. Jadi, jika ada salah di masing-masing hari, para pengajar akan tahu dan akan segera memperbaikinya.

Selain barista course , Esperto juga menjual mesin espresso beserta grinder -nya, juga peralatan yang diperlukan kafe maupun barista . Bila ada para espetans (sebutan untuk alumni Esperto) yang ingin membuka kafe, para staf sekaligus pengajar dengan senang hati akan membantu dengan konsultasi bila ada yang ingin ditanyakan.

Para pengajar di Esperto juga akan senang hati untuk menginstalkan mesin espresso yang sudah dipesan lho . Dan juga bila ingin memodifikasi mesin espresso yang dibeli di Esperto, mereka juga dengan senang hati akan membantu memodifikasikannya sesuai selera. Untuk barista course , Esperto sudah profesional.

Terbukti dari keikutsertaan Esperto untuk menjadi sponsor utama dalam Barista Championship pada April 2015 lalu dan juga pengalaman para pengajar yang sudah profesional dan terpercaya, juga ada pula yang sudah memiliki kafe dan mengikutsertakan barista -nya untuk training di Esperto.

Biaya untuk setiap kursusnya juga sangat efektif dengan apa yang didapat dan dipelajari. Dan, sebagai espertans , saya sendiri merekomendasikan Esperto Barista Course untuk Anda yang ingin belajar menjadi barista dan untuk para pencinta kopi di Indonesia.

Sylvania Oktyvani Usdoko
Email: agnessylvania@gmail.com Twitter: @agnessylvn Alumni DCT and Culinary Arts Academy Switzerland
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3413 seconds (0.1#10.140)