Yogurt Baik Dikonsumsi Saat Puasa

Rabu, 08 Juli 2015 - 04:30 WIB
Yogurt Baik Dikonsumsi Saat Puasa
Yogurt Baik Dikonsumsi Saat Puasa
A A A
JAKARTA - Minuman hasil fermentasi dari susu asam, yogurt ternyata aman dikonsumsi saat puasa. Pasalnya, terdapat kombinasi kebaikan susu dan bakteri baik pada yogurt yang baik dikonsumsi saat puasa.

"Bakteri baik berupa Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococus Thermopilus yang terdapat dalam yogurt membantu sistem percernaan tubuh dengan menekan pertumbuhan bakteri jahat," papar dokter spesialis gizi klinis dari FKUI/RSCM, dr. Marya Haryono, M.Gizi, SpGK, saat acara semakin sehat dengan yogurt saat puasa di Menteng, Selasa (7/7/2015).

Tidak hanya baik untuk sistem pencernaan, yogurt juga dapat membantu menurunkan berat badan, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah jantung koroner dan menurunkan kolesterol. Bahkan kandungan kalsium yang tinggi pada yogurt, dapat mencegah tulang menjadi keropos.

Menurut dr. Marya, yogurt mudah dicerna dan mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh. Nutrisi yang ada pada susu juga terdapat pada yogurt.

"Yogurt mengandung vitamin A, B1, B2, B12, D, E, kalium dan kalsium serta protein yang tentunya baik bagi tubuh saat berpuasa," ujar dia.

Namun sayangnya saat ini masih banyak masyarakat yang takut mengonsumsi yogurt, karena rasanya yang asam. "Yogurt baik dikonsumsi saat berpuasa karena memiliki banyak manfaat. pH yogurt berkisar antara 4—5 dimana hal ini masih dapat ditolerir oleh lambung sehingga aman dikonsumsi saat perut kosong," pungkas dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5640 seconds (0.1#10.140)