Tips Membakar Sate

Selasa, 21 Juli 2015 - 08:47 WIB
Tips Membakar Sate
Tips Membakar Sate
A A A
KERAP sate yang kita nikmati mungkin terasa alot, gosong, atau malah masih lembek alias belum matang. Agar tidak mengecewakan, simak tips membakar sate berikut:

Pilih bahan yang tepat
Pilihlah daging yang merupakan jenis bahan dasar sate yang cepat matang. Misalnya, ayam, ikan, atau udang. Sementara bagi yang ingin menggunakan daging sapi, pilihlah bagian daging has dalam yang akan lebih empuk teksturnya.

Potongan daging
Boleh saja memotong sate berukuran besar, tapi usahakan agar tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Karena kadangkadang potongan daging yang terlalu tipis akan membuat daging mengeras setelah dingin. Sementara jika potongan makin tebal, biasanya akan lebih lama membakarnya hingga benar-benar matang. Padahal, semakin lama memanggang daging, daging biasanya akan semakin keras.

Susun berselang-seling
Jika ayam yang akan jadi bahan dasar sate Anda, maka buatlah susunan berselangseling antara ayam dan kulit ayam. Sate dengan susunan seperti ini akan terasa lebih gurih dan lezat. Cita rasa yang ditimbulkan dengan menggunakan tempat pembakaran juga akan berbeda, seperti menggunakan bara api dari arang atau batok kelapa atau di atas wajan datar. Umumnya, membakar sate biasanya di atas bara api. Pembakaran dengan bara api justru akan membuat sate terasa lebih gurih.

Kontrol nyala api
Usahakan nyala api tetap konstan, tidak terlalu menyala-nyala, tidak terlalu kecil. Ketepatan besarnya api akan membuat daging empuk tanpa harus hangus. Daging yang tidak hangus akan lebih sehat.

Pengolesan bumbu

Ada sate yang langsung dibakar, ada pula sate yang dilumuri bumbu terlebih dahulu sebelum dibakar atau pada saat sate telah dimasak dahulu hingga setengah matang. Jika ingin membuat sate yang langsung dibakar, sebaiknya rendam terlebih dahulu dengan bumbu pengoles atau bumbu lumuran. Potongan bahan sate yang tidak terlalu tebal akan memudahkan dan mempercepat proses penyerapan bumbu. Saat sate dibakar, oleskan bumbu pengoles dengan lebih sering. Ini adalah saat yang baik untuk meresapkan bumbu ke dalam bahan sate. Dengan sering mengoleskan bumbu, bahan sate menjadi tidak kering.

Novi
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6699 seconds (0.1#10.140)