Alergi Makanan pada Anak, Pengaruhi Tumbuh Kembangnya

Sabtu, 08 Agustus 2015 - 07:04 WIB
Alergi Makanan pada Anak, Pengaruhi Tumbuh Kembangnya
Alergi Makanan pada Anak, Pengaruhi Tumbuh Kembangnya
A A A
JAKARTA - International Study of Asthma and Allergies in Childhood mengungkapkan, prevelensi alergi anak semakin meningkat. Peningkatan ini juga terjadi di negara Asia Pasifik, seperti di Indonesia.

Menurut pakar gastroentrologi dari Belgia, Yvan Vandenplas, alergi pada anak dapat berpengaruh pada proses tumbuh kembangnya.

"Sebanyak satu dari empat anak di dunia, mengidap alergi terhadap makanan. Jumlahnya semakin meningkat, karena beberapa hal gejalanya yang tidak spesifik, pengetahuan orang tua yang kurang, serta pemeriksaan yang jarang," papar Yvan dalam acara Nutritalk: Nutrisi Awal Kehidupan untuk Mengatasi Dampak Jangka Panjang Alergi pada Anak, di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (7/8/2015).

Lebih lanjut Yvan menjelaskan, alergi makanan tersebut akan berpengaruh pada kehidupan anak, terutama pada 1000 hari kehidupan pertamanya. Tidak hanya itu, berbagai penyakit lainnya pun juga akan mengintai anak.

"Alergi terhadap makanan ini bisa menyebabkan ragam alergi lain, seperti asma, eksim, dan alergi rinitis, yang biasa terjadi pada anak," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7774 seconds (0.1#10.140)
pixels