Baikkah Terlalu Banyak PR untuk Anak?

Kamis, 20 Agustus 2015 - 03:30 WIB
Baikkah Terlalu Banyak...
Baikkah Terlalu Banyak PR untuk Anak?
A A A
WASHINGTON - Sebuah penelitian dari Amerika Serikat mengungkapkan, anak usia sekolah dasar (SD) menghabiskan banyak waktu di rumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Bahkan, anak yang masih duduk di taman kanak-kanak (TK) menghabiskan waktu mengerjakan PR di rumah selama 25 menit setiap harinya.

Berdasarkan data yang dipublikasikan American Journal of Family Therapy, usia anak-anak merupakan masa pengembangan kehidupan, bersosialisasi dan mengembangkan keterampilan motorik. Para peneliti pun tidak menyarankan, membatasi aktivitas anak-anak dengan hanya duduk di kursi mengerjakan PR.

"Ini benar-benar mengejutkan saya. Padahal usia TK dan SD saat-saatnya keluar bermain dan berinteraksi. Itu yang penting," papar direktur klinis New England Center for Pediatric Psychology Stephanie Donaldson-Pressman yang dilansir dari Good Housekeeping.

Hingga saat ini, para orangtua masih menilai mengerjakan PR mampu membantu anak untuk meningkatkan nilai akademis. Sayangnya, hal tersebut tidak dibenarkan. Pasalnya, beberapa bukti menunjukkan banyak PR bisa tak baik bagi kepercayaan diri mereka, keterampilan sosial, dan kualitas hidup.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9956 seconds (0.1#10.140)