Wewangian yang Memberi Efek Psikologis

Rabu, 26 Agustus 2015 - 15:12 WIB
Wewangian yang Memberi Efek Psikologis
Wewangian yang Memberi Efek Psikologis
A A A
JAKARTA - Psikolog Kasandra Putranto mengungkapkan, sebuah penelitian menunjukkan wewangian memiliki efek psikologis terhadap tubuh.

"Otak kita memiliki ingatan terhadap bau yang kita rasakan waktu kecil. Apakah bau ruangan, bau ibu kita, bau makanan, dan lain sebagainya. Bau tersebut tertanam di dalam ingatan kita dan bisa membuat kita nyaman," papar Kasandra di The Resonanz, Jakarta.

Berikut wewangian yang berpengaruh pada psikologis seseorang.

1. Grapefruit
Wangi buah grapefruit dapat membantu meningkatkan daya memori dan kemampuan koordinasi tangan dan mata.

"Ada satu penelitian yang menunjukkan kalau orang yang mencium aroma ini sambil bekerja di depan komputer punya daya tanggap yang lebih baik," tambahnya.

2. Peppermint
Peppermint dipercaya membantu untuk tetap fokus dan berpikir dengan jernih. Sebuah studi menunjukkan bahwa wangi peppermint dapat meningkatkan stamina fisik sehingga membuat orang yang menghirupnya lebih bersemangat.

3. Kayu Manis
Kayu manis merupakan salah satu wewangian rempah-rempahan yang berfungsi untuk membangkitkan suasana hati, tenaga, dan membuat berkonsentrasi. Wewangian ini juga digunakan untuk menetralisir bau tidak sedap sekaligus memberikan aroma harum dan segar pada ruangan.

4. Geranium
Geranium memiliki aroma seperti jeruk. Wewangian ini kerap digunakan menstimulasi beberapa wilayah di otak untuk menciptakan produksi hormon yang seimbang.

"Wangi bunga ini juga dapat meredakan sakit akibat menstruasi atau membantu wanita dalam melewati masa menopause," tambahnya.

5. Lavender
Kandungan yang terdapat dalam lavender mendorong naiknya kadar senyawa di dalam tubuh. Hal tersebut mampu memproduksi perasaan tenang dengan cepat. Lavender juga digunakan penderita insomnia untuk lebih cepat tidur.

6. Chamomile
Chamomile mampu membangkitkan perasaan tenang dan relaks yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang.

"Chamomile juga bisa meredakan sakit perut. Makanya ekstrak chamomile sering dicampurkan dengan minyak kayu putih," lanjutnya.

7. Mawar
Wewangian yang kerap dijumpai di parfum ini mampu membuat lebih ceria dan bersemangat. Aroma bunga mawar pun kerap digunakan para wanita sebagai parfum sehari-hari untuk bekerja.

8. Jeruk

Aliran oksigen ke otak dapat diperlancar dengan wewangian jeruk. Wewangian ini pun dapat membangkitkan energi seseorang dan meningkatkan daya tahan tubuh.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6122 seconds (0.1#10.140)