Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Kabut Asap

Kamis, 22 Oktober 2015 - 08:20 WIB
Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Kabut Asap
Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Kabut Asap
A A A
JAKARTA - Paparan asap terus menerus memicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya kesehatan kulit. Sebab, asap bermotor, pabrik, hingga kebakaran hutan bisa meningkatkan paparan radikal bebas.

Dengan demikian, kulit akan mengalami kerusakan jaringan kulit dan peradangan kulit atau dermatitis. Untuk itu, penting menjaga kesehatan kulit.

"Dalam kondisi terpapar asap kebakaran hutan, sebetulnya dengan memakai baju secara otomatis sudah melindungi kulit. Begitu juga pemakaian masker sudah lumayan menutupi bagian kulit yang terpapar," papar dr Adhimukti dari Bamed Skin Care, di Hotel 101 Sedayu Dharmawangsa, Rabu (21/10/2015).

Parahnya di beberapa kasus, paparan asap juga membuat beberapa pasien mengalami jerawat yang kambuh dan iritasi. Hal ini terutama terjadi pada kulit yang sensitif, kering hingga berisiko mengalami peradangan kulit.

Sebagai bentuk proteksi diri, Adhimukti pun menyarankan untuk menggunakan masker, rutin mencuci muka dengan menggunakan air kemasan.

"Namun, perlu diingat air umumnya kan terpengaruh asap juga ya, makanya disarankan untuk mencuci muka dengan air kemasan jika memungkinkan," sarannya.

Gunakan pula sabun yang mengandung pelembab. Pastikan, kulit selalu termoisturizer agar terlindung dari zat-zat yang kurang baik. Namun, Adhimukti tidak menyarankan untuk menggunakan sabun yang mengandung antiseptik.

"Pilih sabun yang tepat. Sabun yang ada kandungan antiseptik bisa buat kulit semakin mudah kering. Perlu juga perhatikan asupan yang bergizi, minum suplemen jika perlu, untuk melawan radikal bebas," tutupnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6243 seconds (0.1#10.140)
pixels