4 Tips Sederhana Menggoreng Makanan

Minggu, 08 November 2015 - 15:30 WIB
4 Tips Sederhana Menggoreng Makanan
4 Tips Sederhana Menggoreng Makanan
A A A
JAKARTA - Menggoreng merupakan salah satu teknik memasak yang paling mudah dan paling sering dilakukan oleh setiap orang khususnya para wanita yang memasak untuk keluarga di rumah. Karena sudah biasa dan sering dilakukan, kita biasanya lupa pada hal-hal kecil yang perlu diperhatikan dalam menggoreng makanan yang akan disajikan.

Tak hanya itu, bahkan terkadang, kita juga mengabaikan hasil akhir dari makanan tersebut. Berikut tips dari Fox News yang harus diperhatikan dalam menggoreng.

1. Menggunakan alat yang tepat
Langkah pertama dalam memasak adalah mengumpulkan alat yang akan digunakan. Dalam menggoreng, ada beberapa alat yang wajib ada dan Anda gunakan, seperti misalnya thermometer, rak penyaring minyak, pencapit, dan kertas tisu. Anda akan memerlukan kertas tisur setelah meletakkan gorengan di rak penyaring minyak. Anda memerlukan pencapit untuk memudahkan Anda dalam memindahkan gorengan yang telah matang. Selain itu Anda juga membutuhkan thermometer untuk mengukur suhu panas minyak ketika menggoreng.

2. Menggoreng dengan suhu yang tepat
Dalam teknik menggoreng atau deep-frying, suhu panas minyak yang ideal adalah sekitar 180 derajat Celcius. Namun tentu saja suhu tersebut tidak berlaku untuk seluruh makanan yang akan Anda goreng. Untuk membuatnya akurat, pastikan Anda memiliki resep dan termometer yang tepat.

3. Jangan memenuhi penggorengan
Apapun yang akan Anda goreng, baik donat, ayam, tempura, kentang, biarkan mereka memiliki space satu sama lain ketika masuk ke dalam penggorengan. Dengan memasukkan begitu banyak item sekaligus ke dalam penggorengan dapat memberikan efek penurunan pada suhu minyak begitu cepat sehingga akan memperlambat proses pematangan dan membuat makanan Anda akan terasa sangat berminyak.

4. Goreng hingga sesuai waktunya
Kebanyakan resep memberikan rentang waktu untuk menggoreng, tapi tetap saja, pada praktiknya, kewaspadaan Anda adalah yang peling penting dalam menggoreng. Pastikan gorengan Anda mencapai warna cokelat keemasan yang baik dan mencapai kerenyahan yang sempurna, kemudian balik, dan lakukan hal yang sama untuk sisi sebaliknya. Ketika kedua sisi telah berwarna dan bertekstur sempurna, angkat, tiriskan, dan sajikan selagi hangat.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6304 seconds (0.1#10.140)