Botol & Dot ini, Didesain Spesial buat Bayi Berkebutuhan Khusus!

Minggu, 15 November 2015 - 21:25 WIB
Botol & Dot ini, Didesain Spesial buat Bayi Berkebutuhan Khusus!
Botol & Dot ini, Didesain Spesial buat Bayi Berkebutuhan Khusus!
A A A
JAKARTA - Air Susu Ibu (ASI) merupakan nutrisi terbaik yang dibutuhkan bayi agar pertumbuhan dan perkembangannya yang optimal. Bayi yang lahir sehat mempunyai kemampuan menyusu secara alamiah.

Namun terdapat kondisi-kondisi tertentu dimana Ibu tidak dapat memberikan ASI secara langsung dari payudaranya, seperti pada bayi lahir prematur dengan berat badan rendah dan bayi dengan kondisi bibir sumbing atau langit-langit bercelah.

Dr. Luh Karunia Wahyuni, Sp.KFR-K, Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi juga menekankan pentingnya ASI bagi bayi berkebutuhan khusus tadi.

Dr. Luh mengatakan, pada bayi prematur, kemampuan untuk menghisap dan menelan masih lemah. Padahal, kebutuhan bayi untuk mendapatkan ASI sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

“Secara fisik, berbagai organ tubuh bayi prematur, khususnya pada bayi lahir dengan berat badan rendah, memang belum cukup matang (immature), sehingga membutuhkan alat bantu untuk bernapas, minum, dan lain-lain,” kata dr. Luh.

Lebih lanjut dr. Luh menjelaskan, Oromotor (gerak mulut) bayi-bayi yang lahir prematur umumnya belum berfungsi optimal. Bayi belum mampu melakukan koordinasi menghisap-menelan-bernapas dengan baik. Akibatnya, bayi memerlukan alat bantu karena bayi belum dapat menyusu langsung pada payudara ibu.

Minum merupakan aktifitas paling rumit dan paling sulit pada awal kehidupan anak. Pada awalnya, minum itu berupa refleks rooting (apabila diberi sentuhan pada sudut bibir atau tengah bibir, bayi akan menoleh ke arah sentuhan dan membuka mulut), refleks mengisap (sucking reflex), dan refleks menelan.

Kemampuan bayi mengkoordinasikan gerakan mengisap-menelan-bernapas adalah kemampuan yang secara alamiah dimiliki oleh bayi baru lahir cukup bulan dengan kondisi bugar. Saat ini, dengan kecanggihan teknologi dan semakin majunya penanganan medis, bayi prematur bisa tertolong dengan baik. Namun, bayi prematur dihadapkan pada masalah minum yang ternyata bukan suatu proses yang sederhana.

“Kami terus mengembangkan penelitian mengenai proses bayi menyusu langsung pada payudara ibu. Tidak hanya pada bayi normal, tetapi juga pada bayi berkebutuhan khusus seperti bayi lahir prematur dengan berat badan rendah, dan bayi dengan kondisi bibir sumbing, dan atau langit-langit bercelah,” kata Satoru Saitou, General Manager Chief Investigator Research & Development Div. Breastfeeding Laboratory-Pigeon Corporation Japan, dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (14/11/2015).

Untuk mengatasi masalah ini, Pigeon mengembangkan alat bantu berupa produk untuk bayi prematur lahir dengan berat badan rendah dan bayi dengan kondisi bibir sumbing dan atau langit-langit bercelah.

Saitou juga menjelaskan, memberi ASI pada bayi dengan kondisi bayi bibir sumbing dan atau langit-langit bercelah menghadapi beberapa kesulitan, tergantung pada kondisi bibir sumbing dan atau langit-langit bercelah.

Pigeon memfokuskan kenyataan bahwa bayi dengan kondisi bibir sumbing dan atau langit bercelah yang tidak dapat menempelkan bibirnya dengan benar sehingga membutuhkan dot dengan desain khusus untuk membantu mereka menghisap.

Dot normal cenderung mengganjal pada celah tersebut dan untuk mengatasi masalah ini, dot dikembangkan fitur lebih tebal yang diletakkan pada sisi langit-langit mulut bayi. Bayi dengan kondisi bibir sumbing dan atau langit-langit bercelah dapat minum dari botol susu dengan dot khusus ini. Dot tidak mengganjal pada celah tersebut dan bayi mampu menghisap dot menggunakan gerakan peristaltik lidah dan menelan tanpa menumpahkan susu atau tersedak.


Produk inovasi Pigeon berupa Botol dan Dot untuk Bayi Berkebutuhan Khusus:

1. Untuk Bayi Prematur dengan Berat Badan Rendah

Botol khusus hanya dapat digunakan dengan dot khusus yang diperuntukkan bagi bayi prematur dengan berat badan rendah (SSS) dan bayi yang lahir dengan berat badan normal namun tidak mempunyai kemampuan menyedot serta menempelkan bibirnya.Botol dari bahan kaca dengan desain leher yang lebar sehingga mudah dibersihkan.Dot terbuat dari bahan karet silikon yang lembut.Tersedia dalam ukuran 100ml dan 200ml.

2. Untuk Bayi Bibir Sumbing dan/atau Langit-langit mulut bercelah

Botol dan dot ini khusus digunakan untuk bayi yang lahir dengan bibir sumbing dan/atau bayi dengan langit-langit mulut bercelah. Dot terbuat dari bahan karet yang lembut dan botol terbuat dari bahan Polypropylene yang sangat lembut sehingga dapat ditekan untuk membantu mengatur aliran susu yang keluar.

3. Untuk Bayi Bibir Sumbing dan/atau Langit-langit Bercelah Pasca Operasi dan untuk Bayi Micrognathia.

Botol dan Dot ini khusus digunakan untuk bayi setelah menjalani operasi bibir sumbing dan/atau langit-langit bercelah dan juga bayi yang lahir dengan kondisi rahang bawah kecil tidak normal (Micrognathia). Desain dot panjang terbuat dari bahan yang sangat lembut dan botol terbuat dari bahan Polypropylene yang sangat lembut sehingga dapat ditekan untuk membantu mengatur aliran susu yang keluar.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5656 seconds (0.1#10.140)