Plesir ke Pasar Sindu, Tempat Jajan Para Wisatawan Mancanegara

Rabu, 18 November 2015 - 17:20 WIB
Plesir ke Pasar Sindu, Tempat Jajan Para Wisatawan Mancanegara
Plesir ke Pasar Sindu, Tempat Jajan Para Wisatawan Mancanegara
A A A
DENPASAR - Pasar tradisional identik dengan kumuh, bau, tidak nyaman, dan becek. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi Pasar Sindu. Pasalnya, pasar yang terletak di Sanur, Denpasar, Bali ini memiliki koridor yang lega dan deretan kios yang tampil bersih.

Tidak hanya itu, pasar ini juga dilengkapi dengan toilet, tempat cuci tangan dan sanitasi yang bersih. Untuk tetap menjaga kenyamanan, lorong-lorong antara los di pasar ini dibuat selebar tiga meter, sehingga membuat para pembeli tidak akan bersenggolan. Anda pun dapat mencari makanan yang dibutuhkan dengan mudah. Setiap bahan makan ditata dalam tiga kategori.

"Los A untuk para pendagang yang menjual alat upacara dan buah. Los B untuk pedagang yang menjual sembako dan jajanan Bali. Los C untuk pedagang daging," papar Kepala Pasar Sindu, I Made Sudana kepada Sindonews di Pasar Sindu, Selasa (17/11/2015).

Sementara untuk harga, para pedagang Pasar Sindu tidak membedakan warga lokal, maupun wisatawan mancanegara. "Untuk harga sama saja. Bahkan bisa dibilang kita lebih murah. Harga makanan di sini mulai Rp10 ribu sampai Rp50 ribu," ujar Made Sudana.

Menariknya, Pasar Sindu memiliki dua fungsi. Mulai pukul empat pagi sampai dua siang, pasar ini menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari. Sementara sore hari, mulai pukul empat sampai sepuluh malam menjadi pusat jajanan makanan tradisional Bali dan pakaian.

"Sore hari, pasar ini menjadi pasar senggol. Berbeda dari pasar pagi hari, pasar senggol ini tidak menempati los dan kios di pasar, tapi menempati parkir pasar. Wisatawan mancanegara banyak sekali yang datang untuk berbelanja dan mencicipi makanan yang dijual disini. Mereka kan mencari yang berbeda," jelasnya.

Bahkan, berkat standar kebersihan pasar yang meningkat, Pasar Sindu menjadi tempat favorit berbelanja para wisatawan baik domestik dan mancanegara.

"Selain standar kebersihan pasar meningkat, pasar kami juga menjadi tempat favorit untuk berbelanja wisatawan lokal atau mancanegara. Wisatawan yang menginap di hotel bintang lima juga mencari makanan ke sini," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7121 seconds (0.1#10.140)