Waspada! Mengedan Bisa Sebabkan Ambeien

Sabtu, 28 November 2015 - 16:32 WIB
Waspada! Mengedan Bisa Sebabkan Ambeien
Waspada! Mengedan Bisa Sebabkan Ambeien
A A A
JAKARTA - Olahraga terbukti menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun waspadalah, saat berolahraga. Pasalnya, salah berolahraga memicu cedera di saluran pencernaan, yaitu ambeien atau wasir.

Umumnya, ambeien atau wasir terjadi pada mereka yang melakukan olahraga angkat beban. Pakar kesehatan olahraga, dr Andi Kurniawan, SpKO menjelaskan, hal ini terjadi karena teknik pernapasan yang salah.

"Kesalahan yang sering dilakukan adalah tahan napas saat mengangkat. Yang benar, saat mengangkat seharusnya buang napas," papar Andi Kurniawan, SpKO dalam diskusi media di Resto Kembang Goela, Jakarta.

Andi menjelaskan, menahan napas saat mengangkat beban menyebabkan seseorang mengedan. Parahnya, tekanan di perut bagian bawah pun menjadi sangat besar dan memicu terjadi pendarahan, hingga keluarnya ambeien.

"Mengedan bisa mencederai usus. Nggak cuma saat angkat beban, saat buang air besar (BAB) juga bisa memicu ambeien. BAB 1 menit selalu lebih baik daripada lebih dari 1 menit. Artinya harus lancar, tidak boleh ngeden," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5888 seconds (0.1#10.140)