Kate Winslet: 'Anak Tiga, Inkontinensia, Ngompol & Memalukan'

Minggu, 06 Desember 2015 - 14:25 WIB
Kate Winslet: Anak Tiga, Inkontinensia, Ngompol & Memalukan
Kate Winslet: 'Anak Tiga, Inkontinensia, Ngompol & Memalukan'
A A A
LONDON - Anda mungkin berpikir inkontinensia hanyalah problem bagi atau yang sering terjadi pada orang tua saja. Tapi aktris Kate Winslet baru-baru ini mengungkapkan pada The Graham Norton Show bahwa dia juga menderita kondisi tersebut.

"Aku sudah tidak bisa melompat di trampolin lagi, aku malah mengompol," tutur Winslet, 40 tahun dalam acara itu. "Ini benar-benar memalukan, terutama jika Anda mengenakan rok." Imbuhnya.

Ibu tiga anak ini menyalahkan faktor melahirkan untuk inkontinensia yang dia derita. "Ketika Anda sudah memiliki beberapa anak, Anda tahu, itu terjadi dengan begitu saja. Sungguh menakjubkan, dua kali bersin, aku baik-baik. Tapi yang ketiga kali, terasa seperti game over bagiku, " kata Kate bercerita.

Tapi Winslet tidak sendirian. Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat. Terdapat "jutaan" wanita menderita inkontinensia urin, sebuah kondisi yang terjadi ketika kebocoran urin dari kandung kemih, sebelum Anda bisa tiba di kamar mandi.

Ini sering terjadi dua kali lebih banyak pada wanita ketimbang pria. Dan biasanya disebabkan oleh masalah dengan otot dan saraf yang membantu untuk menahan atau buang air.

Melissa Goist, MD, seorang ob/ gyn di The Ohio State Wexner Medical Center, menjelaskan kepada Yahoo Health bahwa sekitar sepertiga dari semua wanita dewasa, memiliki beberapa jenis disfungsi dasar panggul (PFD), termasuk inkontinensia, dan 50 persen di antaranya disumbang untuk kehamilan dan persalinan.

Namun, Goist mengatakan, bahkan lebih banyak perempuan mungkin menderita dari kondisi ini, karena banyak yang tidak membicarakannya akibat faktor malu.

Ahli kesehatan perempuan Jennifer Wider, MD, bilang kepada Yahoo Health mengenai inkontinensia urin yang dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi jumlahnya atau risikonya makin meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa prevalensi inkontinensia urin padawanita, mengalami puncaknya pada sekitar usia pertengahan, antara usia 45 dan 55 tahun," sembur Jennifer Wider.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat melaporkan bahwa, persalinan (bersama dengan kehamilan dan menopause) merupakan penyebab utama inkontinensia urin.

Karena persalinan dan kelahiran normal melalui vagina, dapat melemahkan otot-otot dasar panggul dan merusak saraf yang mengendalikan kandung kemih.

Untungnya, inkontinensia urin biasanya akan lebih baik beberapa minggu setelah melahirkan.

"Saraf dan otot biasanya dapat menyembuhkan dari waktu ke waktu, serta peningkatan sintesis kolagen dan elastin yang membantu untuk memulihkan beberapa kekuatan di dasar panggul," beber Goist. (Sintesis kolagen dan elastin yang dibasahi selama kehamilan untuk memungkinkan untuk vagina untuk mengakomodasi ukuran janin, dia menjelaskan.)

Ini mungkin untuk menurunkan kemungkinan seorang wanita akan mengalami inkontinensia urin dengan melakukan latihan otot panggul biasa bahkan sebelum mereka hamil dan selama kehamilan.

"Melakukan latihan Kegel dapat membantu untuk wanita dari segala usia dengan memperkuat otot-otot dasar panggul," ucap Philip Buffington, MD, chief medical officer di Cincinnati’s The Urologi Group.

Bagaimana dengan yang sudah menderita kondisi tersebut? Karena terkadang gejala ini tidak dapat hilang seiring waktu dan wanita mungkin perlu bekerja untuk meningkatkan inkontinensia mereka, papar urolog David Kaufman, MD, dari New York Central Park Urologi.

Tipikal ini berarti bekerja untuk meningkatkan otot di bagian panggul, biasanya dengan terapi fisik yang melibatkan latihan Kegel.

Tapi Goist menunjukkan bahwa inkontinensia urin juga dapat menjadi masalah genetik dan mungkin tidak mudah diperbaiki dengan latihan.

"Genetika tidak dapat di ubah," katanya. "Kadang-kadang ada solusi mudah dan lain kali koreksi bedah mungkin jadi satu-satunya pilihan."

Sekilas Kate Winslet

Pemilik nama lengkap Kate Elizabeth Winslet ini merupakan aktris dan penyanyi asal Inggris. Wanita kelahiran Reading, 5 Oktober 1975 ini sudah meraup berbagai penghargaan kelas dunia baik di bidang akting maupun musik, seperti Academy Award, Emmy Award, Golden Globe Award dan Grammy Award.

Atas berbagai prestasi internasionalnya tersebut, Kate mendapat gelar kebangsawanan dari Kerajaan Inggris, yakni CBE atau kepanjangan dari The Most Excellent Order of the British Empire.

Bintang film Titanic, The Reader, Steve Jobs, A Little Chaos dan Labor Day ini punya tinggi badan 169 cm.

Dia sudah menikah tiga kali. Yang pertama dengan Jim Threapleton (1998-2001), lalu Sam Mendes (2003-2010) dan Ned Rocknroll (2012 sampai sekarang).

Kate sudah memiliki tiga orang anak, yakni Mia Honey Threapleton, Bear Blaze Winslet dan Joe Alfie Winslet Mendes.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4817 seconds (0.1#10.140)