6 Gunung yang Cocok Bagi Pendaki Pemula

Senin, 14 Desember 2015 - 12:35 WIB
6 Gunung yang Cocok Bagi Pendaki Pemula
6 Gunung yang Cocok Bagi Pendaki Pemula
A A A
JAKARTA - Bosan dengan keramaian kota dan butuh ketenangan? Menyatu dengan alam, seperti gunung bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain memberikan ketenangan, mendaki gunung juga bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Nah, bagi Anda pendaki pemula, berikut enam gunung yang bisa Anda daki yang dikutip dari Mister Aladin.

1. Gunung Gede-Pangrango
Gunung Gede Pangrango wajib Anda kunjungi. Tentunya bagi pendaki berpengalaman, mendaki gunung ini sangatlah mudah. Namun bagi pemula, Anda akan mendapatkan pengalaman pengalaman yang berharga. Selain punya taman nasional yang masih terjaga keasliannya, Anda juga bisa mampir ke alun-alun Surya Kencana di gunung ini untuk menikmati keindahan bunga edelweiss.

2. Gunung Nglanggeran-Gunungkidul
Gunung nglanggeran merupakan gunung purba dengan ketinggian 200-760 mdpl. Kabarnya, gunung yang terletak di daerah Gunungkidul ini sangat ramah untuk pendaki pemula.Puncak gunung yang dengan nama setiap kejahatan akan diketahui ini bisa Anda capai dalam waktu satu jam saja. Meski demikian, Anda harus tetap hati-hati dengan jalurnya yang cukup curam dan licin.

3. Gunung Papandayan-Garut
Pendaki pemula bisa memilih jalur Cisurupan yang merupakan jalur termudah untuk mencapai puncak gunung setinggi 2665 mdpl ini. Anak-anak juga bisa ikutan. Jangan lupa, foto-foto di daerah Hutan Mati.

4. Gunung Ijen-Banyuwangi
Gunung setinggi 2.443 mdpl yang terletak di daerah Banyuwangi ini terkenal dengan api biru abadinya. Cukup dengan berjalan selama tiga jam saat pagi, Anda bisa melihat matahari terbit dan api biru di kawahnya.Pastikan Anda membawa masker. Pasalnya, bau belerang di gunung ini sangat menyengat. Menariknya, sepanjang perjalanan Anda akan ketemu dengan penambang belerang yang memikul beban seberat 70 kg di pundak mereka.

5. Gunung Prau-Wonosobo
Gunung Prau merupakan gunung yang cantik. Dengan tinggi 2.565 mdpl, gunung ini cukup mudah untuk didaki para pemula. Setelah tiba di Wonosobo, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan dataran tinggi Dieng dan memulai pendakian dari pos Patak Banteng. Jangan lupa bawa tenda, untuk menginap.

6. Gunung Andong-Jawa Tengah
Gunung setinggi 1.726 mdpl yang terletak di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang ini mulai sering jadi background selfie anak muda masa kini. Kebanyakan pendaki memulai pendakian di malem hari supaya bisa menikmati sunrise di puncaknya.

Anda bisa mulai jalan dari basecamp pendakian di daerah Ngablak pukul 1-2 pagi. Dua jam kemudian Anda bisa duduk santai menunggu matahari di puncaknya. Menariknya, sepanjang jalan banyak petunjuk yang akan membawa Anda ke puncak.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2854 seconds (0.1#10.140)