Waspada, Penderita Diabetes Berisiko Terkena Demensia

Selasa, 05 Januari 2016 - 02:25 WIB
Waspada, Penderita Diabetes Berisiko Terkena Demensia
Waspada, Penderita Diabetes Berisiko Terkena Demensia
A A A
Diabetes dipercaya mampu meningkatkan risiko terserang demensia. Hal tersebut diungkapkan melalui sebuah penelitian di Australia yang kembali meninjau hasil 14 studi dan melibatkan lebih dari 2 juta orang.

Dilansir dari VOA, para peneliti menemukan bahwa responden yang mengidap diabetes tipe 2 lebih besar berisiko mengidap demensia.

Selain itu, wanita penderita diabetes berisiko dua kali lebih besar menderita demensia yang disebabkan rusaknya pembuluh darah. Bahkan, jumlah wanita penderita diabetes lebih tinggi dibandingkan pria.

Seperti diketahui, umumnya demensia disebabkan oleh penyakit alzheimer. Dimana para pasien akan mengalami penumpukan sisa-sisa protein dalam otak.

Sementara demensia pembuluh darah dipicu oleh pembuluh darah ke otak yang rusak dan kerap terjadi pada penderita diabetes.

Para peneliti menjelaskan, tidak merawat tekanan darah, membuat para wanita lebih berisiko terkena demensia. Parahnya, tekanan darah juga bisa menyebabkan penyakit jantung.

Untuk mengurangi resiko demensia pembuluh darah pada penderita diabetes, para ahli sains menyarankan untuk tetap hidup sehat. Seperti rutin berolah raga, diet dan tidak merokok.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6570 seconds (0.1#10.140)
pixels