7 Festival Menarik di Tahun 2016

Rabu, 06 Januari 2016 - 14:30 WIB
7 Festival Menarik di...
7 Festival Menarik di Tahun 2016
A A A
JAKARTA - Tahun 2016 sudah tiba. Saatnya Anda menyusun rencana traveling untuk sepanjang tahun ini. Menjelajah negara-negara di Asia Tenggara bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasalnya, sepanjang Asia Tenggara terdapat keindahan alam dan budaya yang menarik. Bahkan, negara-negara di Asia Tenggara memiliki beragam festival yang menarik perhatian wisatawan. Berikut tujuh festival di Asia Tenggara yang dikutip dari Mister Aladin.

1. Thaipusam, Malaysia

7 Festival Menarik di Tahun 2016


Festival yang juga digelar di Singapura ini diikuti ribuan orang. Mereka akan melakukan perjalanan selama delapan jam yang dimulai dari pukul 12 siang dari Kuil Sri Mahamariamman dan berakhir di Batu Caves.

Dengan cara menusuk tubuh, Thaipusam merupakan festival bagi etnis Tamil yang akan melakukan pemujaan terhadap Dewa Murugan. Dalam keadaan trans, beberapa peserta festival membawa bingkai besi dan menarik kereta kencana dengan kait yang ditusuk ke kulit punggung mereka.

Selanjutnya, mereka akan menaiki 272 anak tangga menuju puncak gua sakral. Festival ini akan digelar pada 24 Januari 2016.

2. Aguman Sanduk, Filipina

7 Festival Menarik di Tahun 2016


Aguman Sanduk merupakan festival yang unik. Pasalnya, para pria akan menggunakan gaun, rok dan pakaian perempuan lainnya. Festival ini digelar dalam rangka merayakan tahun baru.

Awalnya, festival ini bermula pada 1 Januari 80 tahun lalu, dimana ada sekelompok pria mabuk yang tidak sengaja menggunakan pakaian wanita. Rupanya, ketidaksengajaan tersebut berubah menjadi festival yang diikuti pria paling gagah dan terhormat di kota tersebut.

3. Songkran, Thailand

7 Festival Menarik di Tahun 2016


Songkran merupakan perayaan menyambut tahun baru Buddha yang digelar saat musim panas. Menariknya, festival ini akan dimeriahkan dengan bermain air bersama di jalan.

Sebagai simbol awal yang baru dan pembersihan diri, penduduk setempat berbondong-bondong membawa ember, baskom, atau pistol air dan saling menyiram. Festival ini bakal digelar pada tanggal 13 April 2016 di Chiang Mai.

4. Festival Roket Boun Bang Fai, Laos

7 Festival Menarik di Tahun 2016


Bukan cuma NASA yang meluncurkan roket, penduduk Laos juga. Setiap bulan Mei, bulan musim hujan, penduduk desa di Laos akan berkumpul untuk membuat roket berwarna-warni dengan berukuran besar dan diluncurkan.

Kegiatan tersebut pun merupakan bentuk permohonan kepada Dewa Hujan, Phaya Thaen agar panen berhasil, terbebas dari hama dan banjir. Menariknya, mereka yang berhasil menerbangkan roket paling tinggi akan mendapatkan wiski beras dan hadih menarik lainnya.

Namun, jika roket dirasa belum cukup, mereka akan menunjuk seorang pria yang berpakaian perempuan untuk membuat marah dewa hingga mengirim hujan badai ke mereka.

5. Phuket Vegetarian Festival

7 Festival Menarik di Tahun 2016


Festival satu ini dianggap salah satu yang paling spektakuler di Asia Tenggara. Pasalnya, Phuket Vegetarian melakukan beberapa kegiatan yang berbahaya. Seperti berjalan di atas bara api, memanjat tangga pisau hingga menusuk muka dengan kaca, pedang hingga payung.

Festival yang dilakukan sejak tahun 1825 ini awalnya digelar saat pemain Opera dari Tiongkok jatuh sakit sewaktu mengunjungi Phuket. Mereka berhasil menyembuhkan diri setelah menjalankan diet ala vegetarian dan ritual kuno.

Sejak saat itu, dari tahun ke tahun, festival ini menjadi semakin ekstrem sekaligus mengerikan. Tak heran jika banyak turis ingin menyaksikannya.

6. Loy Krathong, Thailand

7 Festival Menarik di Tahun 2016


Festival yang digelar bulan November ini diadakan sebagai bentuk pemujaan terhadap Dewi Air. Para peserta akan menerbangkan lampion kertas dan menghanyutkan perahu kecil berbentuk teratai yang terbuat dari daun pisang yang diisi lilin dan sesaji (krathong).

Dalam tradisi agama Buddha, tujuan festival ini adalah untuk melepaskan diri dari masa lalu. Beberapa orang bahkan meletakkan surat atau beberapa helai rambut dalam krathong mereka sebagai simbol selamat tinggal pada masa lalu.

7. Rambu Solo, Indonesia

7 Festival Menarik di Tahun 2016


Rambu Solo akan digelar pada bulan Juli hingga September dan dipercaya bisa mengantarkan keceriaan dan perayaan yang meriah bagi saudara yang sudah meninggal.

Selain itu, penduduk tersebut juga percaya, bahwa sebelum Rambu Solo dilaksanakan, jenazah dianggap masih hidup dalam keadaan sakit.

Kabarnya, festival ini membutuhkan biaya yang besar. Pasalnya, mereka yang merayakan harus memotong banyak kerbau bule yang satu ekornya bisa dihargai 50 juta rupiah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2993 seconds (0.1#10.140)