Menebak Bayaran Aktor Indonesia yang Main di Film Laris Hollywood

Minggu, 10 Januari 2016 - 16:25 WIB
Menebak Bayaran Aktor Indonesia yang Main di Film Laris Hollywood
Menebak Bayaran Aktor Indonesia yang Main di Film Laris Hollywood
A A A
JAKARTA - Sudah bukan rahasia lagi, tidak sedikit aktor Indonesia yang mulai menginjakkan kakinya ke dunia perfilm-an Hollywood. Itu juga berkat andil film-film Indonesia yang belakangan ini menunjukkan kualitas sebenarnya.

Berkat film-film tersebut, sang peracik film dari Hollywood pun ikut mencari keberadaan para pemain film Indonesia untuk diajak bekerja sama dalam pembuatan film berskala internasional.

Mereka para aktor-aktor Indonesia juga tetap dihadapkan pada sebuah casting sehingga mereka pun bisa dianggap layak untuk menjadi bagian dalam film-film Hollywood tersebut. Tidak serta merta langsung masuk tanpa adanya proses yang seharusnya dijalankan sebelumnya.

Euforia yang begitu tinggi diperlihatkan pada kemunculan film Star Wars: The Force Awakens, di mana ada tiga aktor Indonesia bermain dalam film tersebut. Mereka adalah Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman.

Film ini juga mencetak rekor penjualan tiket pre-sale sebesar USD 25 juta. Pada hari pertama, penjualan tiket IMAX sudah mencapai USD 6,5 juta. Angka ini sekaligus membawa Star Wars: The Force Awakens sebagai film dengan penjualan tiket pre-sales terlaris dan tercepat sepanjang sejarah.

Strategi menayangkan Star Wars di bulan Desember bisa dikatakan berhasil karena bertepatan dengan libur Natal dan Tahun Baru. Momen tersebut dapat dimanfaatkan guna menarik perhatian penonton dalam jumlah yang lebih banyak. Alasan tersebut semakin diperkuat dengan tidak adanya film blockbuster besutan Marvel atau pun DC yang dikeluarkan bulan ini.

Tidak hanya dalam film itu saja para aktor-aktor Indonesia ini berkecimpung di dunia perfilm-an Hollywood. Berikut kami paparkan beberapa aktor yang merambah dunia perfilman internasional:

Iko Uwais
Siapa yang tidak mengenal sosok seorang Iko, memulai karir di dunia perfilm-an Indonesia dalam film Merantau, lalu sukses juga berperan di dalam dua sequel film The Raid yang menjadi box office di Indonesia dan film tersebut pun ditayangkan di luar negeri. Iko mengawali karir internasionalnya dalam film Man of Taichi.

Dia diberi kesempatan bermain dalam film tersebut oleh Keanu Reeves. Lalu ia pun bermain dalam film Star Wars: The Force Awakens bersama Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman. Melihat prestasi Iko yang sedemikan rupa, kira-kira penghasilannya bisa menyentuh angka berapa ya?

Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman
Seperti yang diketahui para pecinta film tanah air. Yayan hadir menghiasi dunia film Indonesia dalam film bertajuk The Raid, sementara Cecep baru diperkenalkan dalam film lanjutan The Raid. Mereka pun mendapat porsi yang kurang lebih sama dalam film Hollywood Star Wars: The Force Awakens.

Ray Sahetapy
Ray yang merupakan aktor senior Indonesia, menyatakan bahwa ia benar bermain dalam film Captain America: Civil War. Menurut salah satu situs film terkemuka, Ray Sahetapy mendapatkan peran sebagai The Auctioneer dalam fillm tersebut. Lagi-lagi muncul pertanyaan, berapakah kira-kira penghasilan yang didapat saat bermain film berskala internasional?

Joe Taslim
Satu lagi aktor berbakat Indonesia yang sudah menyita perhatian lewat film saga terkenal Fast & Furious 6, Joe Taslim. Peran yang didapat juga tidak dapat dikatakan kecil, karena kerap kakli muncul bersama dengan pemain utama dalam film tersebut. Setelah Iko mendapatkan peran di Star Wars, Joe juga mendapat satu tempat di film yang berbeda dengan melakukan audisi terlebih dahulu, adalah Star Trek Beyond.

Pertanyaan yang sama kerap kali muncul ketika melihat para aktor tersebut bermain untuk film bertaraf internasional, yaitu berapakah pendapatan dari mereka?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda bisa memperkirakan berapa penghasilan mereka. Merujuk pada seorang pemeran pendukung Jonah Hill di film Wolf of The Wallstreet, ia mendapat bayaran sebesar USD 60 ribu atau berada di kisaran Rp 77 juta. Jauh berbeda dengan sang pemeran utama, Leonardo DiCaprio yang mendapat bayaran sebesar USD 25 juta, setara dengan Rp 322 miliar.

Kerap kali penghasilan mereka bertambah seiring larisnya film yang mereka bintangi atau ketika mendapatkan penghargaan seperti Academy Awards atau Golden Globe. Tambahan dana juga bisa didapat dari sponsor, layaknya Robert Downey Jr. yang mendapat tambahan dana sebesar USD 12 juta dari sponsor di luar pendapatan pokoknya dalam film Iron Man 3.

Berikut penghasilan dari berbagai macam peran yang terdapat dalam film Hollywood:
* Pemain figuran = USD 148/hari
* Stuntman/pemeran pengganti = USD 50 ribu – USD 1 juta, ditambah dengan paket asuransi premium
Seorang pemain figuran pun mendapat uang lembur jika waktu syuting berlangsung molor. Oleh sebab itu, produksi film Hollywood selalu ontime. Pasalnya, mereka benar-benar menghargai waktu. Time is Money.

Sumber: aturduit.com
Ditulis oleh: Pradiksa Suryachandra
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7407 seconds (0.1#10.140)