Dua Alarm Aroma Terapi yang Bikin Anda Bangun Pagi

Kamis, 14 Januari 2016 - 03:25 WIB
Dua Alarm Aroma Terapi yang Bikin Anda Bangun Pagi
Dua Alarm Aroma Terapi yang Bikin Anda Bangun Pagi
A A A
TOKYO - Bangun pagi dipercaya menyimpan banyak manfaat. Sayangnya, beberapa orang kerap merasa sulit untuk bangun pagi. Tak sedikit yang mematikan alarm, lalu kembali tidur lagi.

Untuk mengatasi hal tersebut, seorang ilmuwan tengah mengembangkan alarm bau. Pengaruh bebauan terhadap pola tidur kerap dijadikan objek penelitian.

sleepion (digitaltrends.com)

Bahkan, beberapa produk juga sudah dikembangkan. Seperti Sleepion, alat buatan Cheero dari Jepang ini terbuat dari aroma, cahaya dan bunyi yang membuat seseorang mudah tertidur.

Dilansir dari Livescience, sebuah penelitian tahun 2005 menunjukkan bahwa minyak aromaterapi yang digunakan dalam alat ini efektif meningkatkan kualitas tidur. Namun, penelitian ini hanya melibatkan 31 responden.

Selain itu, ada juga SensorWake yang tengah dikembangkan. Alat ini dipercaya bisa membangunkan orang dari tidur dengan menggunakan rangsangan bebauan.
Menariknya, bukan aromaterapi biasa yang digunakan. SensorWake menggunakan aroma espresso, cokelat dan pepermint.

wakesensor (knowtechie.com)

Wewangian tersebut dikemas dalam sebuah kapsul dan setiap kapsulnya bisa digunakan selama satu bulan.

Namun, alat ini masih dalam tahap pengembangan sehingga harus dilengkapi dengan alarm bunyi sebagai cadangan jika penggunanya tidak bangun dalam waktu tiga menit.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4246 seconds (0.1#10.140)