Memelihara Jenggot Ternyata Bermanfaat

Minggu, 24 Januari 2016 - 08:21 WIB
Memelihara Jenggot Ternyata Bermanfaat
Memelihara Jenggot Ternyata Bermanfaat
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa jenggot lebat yang tidak terpelihara mengandung banyak bakteri dan lebih kotor dibandingkan toilet. Meski demikian, bakteri tersebut berperan baik.

Salah satunya, bisa membantu melawan infeksi seperti antibiotik. Bahkan, penelitian yang dilakukan BBC mengungkapkan, bahwa jenggot menjadi tempat tumbuhnya mikroba yang bisa menjadi antibiotik jenis baru.

John Golobic yang melakukan program penelitian BBC Trust Me I'm a Doctor menggali lebih jauh hal ini. Penelitian tersebut menggunakan berbagai sampel jenggot secara acak dan mengirimkannya ke ahli mikrobiologi di University College London, Dr Adam Roberts.

Hasil pengamatan Roberts pun menunjukkan, bahwa beberapa jenis mikroba yang terdapat pada jenggot berperan seperti antibiotik. Roberts mengidentifikasi pembunuh bakteri tersebut sebagai spesies yang disebut Staphylococcus epidermidis.

"Ketika ia menguji bakteri tersebut dengan bakteri yang sangat resistan terhadap obat, yaitu bakteri Escherichia coli, mereka bisa mengalahkannya," papar John.

Dilansir dari Mic, meski demikian, penelitian ini tidak akan dijadikan patokan untuk membuat antibiotik baru. Pasalnya, pembuatan antibiotik baru membutuhkan biaya yang besar dan rentan gagal.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9209 seconds (0.1#10.140)