Wanita Obesitas & Diabetes Berpotensi Lahirkan Anak Autis

Selasa, 02 Februari 2016 - 12:30 WIB
Wanita Obesitas & Diabetes Berpotensi Lahirkan Anak Autis
Wanita Obesitas & Diabetes Berpotensi Lahirkan Anak Autis
A A A
LOS ANGELES - Jurnal Pediatrics menemukan penelitan terbaru mengenai penyakit autis yang dialami oleh anak-anak. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ibu yang memiliki penyakit diabetes dan obesitas rentan memiliki anak autis.

Dalam hal ini, anak-anak yang lahir dari ibu yang memiliki obesitas dan diabetes kemungkinan memiliki anak autis. Sebab, anak yang lahir dari seorang ibu obesitas, didiagonosis hampir dua kali lipat lebih berpotensi mendapatkan anak autisme. Ketimbang, ibu yang memiliki berat badan normal sebelum mereka hamil.

Mengutip dari Foxnews, studi baru ini juga menyoroti potensi bahwa autisme dimulai sebelum kelahiran di dalam rahim. Jurnal yang ditulis oleh peneliti M. Daniele Fallin telah mengamati tingkat autisme. Daniel merupakan Ketua Departemen Kesehatan Mental di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di Baltimore bersama peneliti lainnya mengamati tingkat autisme dan intelektual cacat dengan sampel 2.700 anak-anak.

Para peneliti juga mengamati berat badan ibu sebelum hamil. Para peneliti mengumpulkan data mereka dari catatan medis dan wawancara dengan ibu.

Dari semua anak-anak dalam penelitian ini terdapat 102 anak didiagnosis dengan autisme. Dan, 137 anak didiagnosis dengan cacat intelektual selama masa tindak lanjut enam tahun.

Peneliti juga menemukan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang memiliki obesitas dan diabetes juga memiliki peningkatan risiko cacat intelektual, dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang memiliki tidak obesitas atau diabetes.

Meskipun mekanisme yang menghubungkan obesitas dan diabetes dalam risiko anak autis tidak rasional bagi penelitan. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa obesitas dan diabetes dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh ibu, dan ini pada gilirannya dapat memberikan kontribusi pada perkembangan autisme pada anak.

Kedua penyakit ini juga dapat bisa membahayakan wanita hamil terkait peradangan. Sebab, peradangan ini bisa membahayakan otak calon bayi, yang bisa saja membuat sang anak autis.

Oleh karena itu, jika seorang wanita gemuk, jangan pernah melakukan diet dengan bahan kimia. Sebab, bisa dapat berkontribusi terhadap peningkatan risiko autisme pada janin.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3802 seconds (0.1#10.140)