Sudah Diet Tapi Tetap Gemuk? Ini Penyebabnya!

Senin, 22 Februari 2016 - 16:30 WIB
Sudah Diet Tapi Tetap...
Sudah Diet Tapi Tetap Gemuk? Ini Penyebabnya!
A A A
JAKARTA - Diet kerap diandalkan sejumlah orang untuk menurunkan berat badan. Namun, jika berat badan Anda tidak kunjung turun meski sudah menjalankan diet, hal ini disebabkan oleh adanya gangguan hormon.

Bahkan, sebuah penelitian menyatakan bahwa kesulitan menurunkan berat badan merupakan salah satu gejala utama penyakit hipotiroid. Hipotiroid merupakan kondisi tubuh kekurangan hormon tiroid.

Dilansir dari Yahoo News, untuk mengetahui seseorang mengalami hipotiroid bisa dilakukan dengan pemeriksaan darah. Hormon ini berguna untuk menjalankan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, mereka yang kekurangan tiroid akan mengalami metabolisme yang lambat.

"Hal ini akan menyebabkan perubahan pada cara tubuh mengeluarkan energi. Jika laju metaboliknya rendah, maka orang akan mengalami kenaikan berat badan walau pola makannya tak ada yang berubah," papar dosen endokrinologi, Dr. Reshmi Srinath.

Selain itu, kenaikan berat badan juga bisa disebabkan oleh kelebihan lemak atau retensi cairan tubuh. Sementara untuk mengatasi hipotiroid, Srinath menilai cukup mudah. Penderita bisa mengonsumsi pil hormon tiroid sekali sehari.

"Walau kita sudah menjada pola makan dan rajin olahraga, kegemukan karena gangguan tiroid sulit diatasi karena kelebihan berat badan kebanyakan berasal dari kelebihan garam dan air ketimbang lemak," pungkas dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0652 seconds (0.1#10.140)