Spotlight Menangkan Film Terbaik Oscar 2016

Senin, 29 Februari 2016 - 13:15 WIB
Spotlight Menangkan Film Terbaik Oscar 2016
Spotlight Menangkan Film Terbaik Oscar 2016
A A A
JAKARTA - Film tentang kisah jurnalis yang berusaha menyibak pelecehan seksual yang dilakukan gereja, Spotlight, akhirnya ditahbiskan sebagai Film Terbaik (Best Picture) Oscar 2016. Piala ini diserahkan di malam penganugerahan Academy Awards ke-88 di Dolby Theater, Los Angeles, California, Minggu (28/2/2016) waktu setempat atau Senin (29/2/2016) waktu Indonesia.

Film ini mengisahkan tentang sekelompok jurnalis Boston Globe yang menelisik keterlibatan gereja dalam pelecehan seksual yang dialami anak-anak. Film ini dibintangi antara lain oleh Michael Keaton, Liev Schreiber, Rachel McAdams, Mark Ruffalo, John Slattery dan Brian d'Arcy James. Riset bertahun-tahun diperlukan untuk membuat film yang berlatar belakang kisah nyata pada 2001 ini.

Penganugerahan Oscar kali ini berlangsung berbeda. Adanya boikot dari sejumlah artis berkulit hitam karena menilai Oscar terlalu berpihak pada pelaku industri film yang berkulit putih membuat suasana sedikit memanas. Apalagi, ditambah beberapa komentar host Chris Rock—yang kebetulan berkulit hitam—kian menambah kontroversi itu.

Sementara, titel Sutradara Terbaik berhasil dipertahankan Alejandro Inarritu selama dua tahun berturut-turut. Tahun lalu, dia berhasil menggondol Oscar untuk film Birdman, maka tahun ini, The Revenant membuatnya mempertahankan posisinya.

The Revenant memiliki 12 nominasi. Tapi, dari angka itu, film ini hanya menang untuk tiga kategori. Sebelumnya, film ini diyakini bakal memenangkan Film Terbaik setelah menang di Golden Globes dan BAFTA.

“Saya sangat beruntung berada di sini malam ini tapi, sayang banyak yang tidak punya keberuntungan yang sama,” ujar Inarritu yang mengungkapkan harapan bahwa di masa depan, warna kulit akan menjadi masalah yang tidak relevan seperti panjang rambut seseorang, seperti dikutip dari Reuters.

Leonardo DiCaprio mendapatkan standing ovation setelah pada akhirnya memenangkan Oscar pertamanya atas perannya sebagai pemburu bulu di The Revenant. Dia membahas perubahan iklim di pidato penerimaan Oscar.

Sedangkan titel Aktris Terbaik disandang Brie Larson. Dia memenangkan piala itu atas perannya sebagai wanita muda di film Room.

Tema rasial dan ejekan tentang pemilihan nominee akting yang semuanya putih selama dua tahun berturut-turut membuat host acara ini, Chris Rock, menyebut Oscar kali ini sebagai penghargaan pilihan orang kulit putih.

Di antara kejutan yang terjadi adalah Mark Rylance yang mengalahkan favorit Sylvester Stallone di kategori aktor pendukung terbaik. Sedangkan aktris Alicia Vikander memenangkan Oscar untuk kategori aktris terbaik.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6448 seconds (0.1#10.140)