Netizen Hujat Banyolan Anak Kecil Asia-Yahudi oleh Chris Rock

Senin, 29 Februari 2016 - 18:08 WIB
Netizen Hujat Banyolan Anak Kecil Asia-Yahudi oleh Chris Rock
Netizen Hujat Banyolan Anak Kecil Asia-Yahudi oleh Chris Rock
A A A
LOS ANGELES - Selain Sam Smith yang melontarkan komentar sensasional dengan mempersembahkan kemenangannya untuk kategori Best Original Song di The 88th Academy Award.

Lain dengan komentar Sam Smith yang dapat pujian dari sejumlah selebriti Hollywood.

Chris Rock, salah satu pembawa acara gala Piala Oscar 2016 yang berlangsung di Dolby Theater, Hollywood, Amerika Serikat, Minggu (28/2/2016) malam waktu setempat atau Senin (29/2/2016) pagi hingga siang WIB. Malah kena hujat netizen twitter.

Ya, seperti dilansir dari NBC News, itu karena candaan strereotip Asia dan secara kebetulan dia yang kebagian jatah membawakannya. (linknya di sini)

Pada momen itu, aktor, komedian, sutradara, penulis sekaligus produser asal AS tersebut, memanggil tiga anak keturunan Asia-Amerika ke atas panggung buat membanyol. Namun tidak semua hadirin di Dolby Theater tertawa.

Banyolan Chris adalah memperkenalkan tiga anak kecil (dua laki-laki dan satu perempuan) yang memakai setelan jas resmi lengkap dan sebuah tas tangan besar, sebagai tiga orang akuntan dari perusahaan ternama, PricewaterhouseCoopers, dengan nama khas Asia-Yahudi.

Maksud banyolan Chris ialah biasanya orang asal Asia dikenal memiliki kemampuan hebat di bidang matematika, dalam hal ini menghitung layaknya seorang akuntan dari perusahaan ternama.

Lantas Chris mengakhiri dengan mengatakan di atas panggung, “Jika siapapun merasa kecewa dengan candaan ini, silahkan tweet komentar Anda tentang itu dari ponsel, yang mana nantinya buat anak-anak ini.”

Dengan cepat dan berantai, para netizen apalagi yang dari Asia di twitter pun bereaksi dan menghujat banyolan Chris yang menurut mereka enggak banget dan bisa menjurus rasis, karena menstereotipekan anak-anak dan Benua Asia.

Berikut sejumlah kecaman netizen atas banyolan Chris Rock di gala Academy Award 2016.

Grace Hwang Lynch @HapaMamaGrace: “Umm, tidak @chrisrock. Memakai anak kecil Asia buat bercanda soal stereotipe matematika dan buruh anak kecil sudah jelas tidak lucu.”

Angry Asian Man @angryasianman: “APAAAAAA candaan itu dengan anak-anak Asia. #Oscars”

Justin Chang @JustinCChang: “Berpikir otakku dimatikan terlebih dulu untuk beberapa menit. Apakah candaan menjijikkan soal anak-anak kecil Asia itu benar-benar terjadi? #Oscars”

Eliel Cruz @elielcruz: “Bercanda soal stereotipe Asia dan perbudakan anak-anak sebagai buruh, sama sekali tidak membuatku tertawa @chrisrock#Oscars #DoBetter”

Jen Chae @frmheadtotoe: “Betapa sangat disayangkan membuat kelucuan soal Benua Asia di #Oscars ketika Hollywood masih belum melibatkan secara penuh buat memberikan orang Asia peran-peran yang spesifik hingga saat ini.”

Blake Hounshell @blakehounshell: “Jadi kita semua merasa kecewa tentang candaan rasial di Oscars, tapi apakah OK untuk membuat banyolan dari anak-anak kecil Asia di atas panggun?”

Dex Digital @dexdigi: “Seperti Anda, mereka lebih tampak seperti Minions di atas panggung daripada orang Asia malam ini dan Anda membuat hal itu menjadi sebuah banyolan?”
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5025 seconds (0.1#10.140)