Orangtua Stres Bikin Anak Susah Makan

Kamis, 03 Maret 2016 - 12:30 WIB
Orangtua Stres Bikin Anak Susah Makan
Orangtua Stres Bikin Anak Susah Makan
A A A
JAKARTA - Waspada jika si kecil kerap memilih makanan dan sulit makan. Pasalnya, hal ini bisa disebabkan oleh kondisi orangtua yang stres.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa orang tua yang stres bisa mempengaruhi pola makan anak. Dilansir dari Mirror, peneliti dari Belanda mengatakan, bahwa anak-anak cenderung sulit makan bila orang tua merasa depresi dan cemas berlebihan.

Penelitian ini melibatkan, 5.000 anak yang lahir di tahun 2002—2006. Selanjutnya, para orang tua diminta melengkapi kuesioner untuk mengetahui tingkat kecemasan dan depresi mereka.

Pertanyaan kuesioner tersebut dimulai dari masa pertengahan kehamilan sampai anak responden berusia tiga tahun. Mereka juga diminta untuk mengisi kuesioner terpisah tentang pola makan anak.

Hasil penelitian ini pun menemukan, bahwa tingkat kecemasan dan depresi pada orang tua bisa mempengaruhi terhadap masalah makan anak, terutama pada anak usia balita. Meski demikian, belum diketahui pasti penyebab hubungan tersebut.

"Kami mengamati bahwa masalah internal ayah dan ibu memiliki keterkaitan dengan masalah makan pada anak usia pra-sekolah. Untuk mencegahnya, orang tua harus bisa mengendalikan kecemasan yang dimilikinya. Ini sangat penting," papar peneliti dalam jurnal Archives of Disease in Childhood.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6100 seconds (0.1#10.140)