5 Manfaat Membedong Bayi

Selasa, 15 Maret 2016 - 16:30 WIB
5 Manfaat Membedong Bayi
5 Manfaat Membedong Bayi
A A A
JAKARTA - Membedong bayi kerap dilakukan sejumlah orangtua. Sayangnya, saat ini kegiatan tersebut sudah mulai ditinggalkan sejumlah orangtua. Apalagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Beberapa orangtua menilai, membedong bayi bisa menyebabkan buah hati mereka menangis dan kepanasan. Namun, sebuah penelitian medis mengungkapkan, bahwa bedong bayi memiliki banyak manfaat. Berikut ulasannya yang dilansir dari Precious Little Sleep.

1. Mengurangi risiko SIDS (sindroma kematian bayi mendadak)

Journal of Pediatrics melakukan sebuah penelitian mengenai bedong bayi pada tahun 2007. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan, bahwa bedong bayi bisa mengurangi risiko SIDS. Para peneliti pun menganjurkan agar bayi tidak tidur dalam posisi telungkup. Pasalnya, hal tersebut bisa menyebabkan resiko SIDS.

2. Menenangkan bayi
Mengatasi bayi yang rewel, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan bedong bayi. Journal of Pediatrics juga menemukan, bedong bisa mencegah jari bayi melukai bagian kulitnya.

3. Melatih gerakannya
Bedong dipercaya bisa melatih keterampilan motorik bayi. Terutama bagi mereka yang lahir prematur. Dengan demikian, tumbuh kembang bayi bisa menjadi lebih baik.

4. Mengatasi tangisan bayi
Penelitian ini juga menemukan, bedong bisa mengatasi tangisan bayi. Bahkan tak tanggung-tanggung, bedong bisa mengatasi tangisan hingga 28%.

5. Tidur bayi lebih nyenyak
Demi tumbuh kembang yang optimal, bayi yang baru lahir dianjurkan untuk tidur lebih lama agar bayi Anda tidur lebih nyenyak dan lama, bedong bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal tersebut diungkapkan oleh Jurnal Pediatrics.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4371 seconds (0.1#10.140)