Tips Membuat Sajian dan Camilan Pastry yang Lebih Sehat

Sabtu, 30 April 2016 - 00:01 WIB
Tips Membuat Sajian dan Camilan Pastry yang Lebih Sehat
Tips Membuat Sajian dan Camilan Pastry yang Lebih Sehat
A A A
JAKARTA - Pastry merupakan produk roti yang terbuat dari tepung terigu yang berbeda dari roti biasanya. Pasalnya pastry mengandung lemak yang lebih tinggi sehingga pada hasil akhir teksturnya lebih ringan dan garing namun tetap mampu menampung isian dengan baik.

Isian pastry biasanya seputar keju, cokelat, daging-dagingan, telur, dan yang lainnya. Namun seiring berjalannya waktu dan gaya hidup masyarakat yang semakin peduli akan kesehatan, para juru masak menghadirkan ‘healthy pastry’ dengan isian yang lebih sehat.

“Pastry adalah makanan berbahan dasar tepung terigu yang sebenarnya mengandung margarin yang tinggi, lemaknya tinggi, nah disini kita siasati dengan cara kita tambahkan sayuran atau buah-buahan supaya mengimbangi lemak yang tinggi tadi. Sehingga kita dapat menciptakan makanan yang lebih sehat, healthy pastry,” beber Triana Murdiastanti Asisten Manajer Bogasari Baking Center Jakarta kepada Sindonews dalam sebuah acara baru-baru ini.

Triana kembali menjelaskan, banyak alternatif yang dapat digunakan baik oleh para juru masak maupun ibu-ibu yang ingin membuat hidangan pastry di rumah. Seperti misalnya, jika biasanya sus berisikan vla cokelat atau vanilla, kini bisa ditambahkan dengan isian buah-buahan yang kaya manfaat sehingga menghasilkan kudapan pastry yang sehat.

“Biasanya untuk membuat healthy pastry itu kita siasatinya dengan isiannya atau fillingnya. Isiannya kita bisa gunakan yang sehat-sehat, seperti yang saya demokan, itu sus, kalau biasanya kan kita isi dengan vla aja, nah sekarang kita campur dengan buah naga merah. Buah naga ini kan lagi booming dan banyak juga manfaatnya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa selain sus, para ibu rumah tangga juga bisa mencoba jenis pastry lain yang tidak rumit seperti pai dan quiche.

Nah, untuk isiannya, bisa dicoba untuk memadukannya dengan sayur-sayuran dan daging untuk pastry asin, dan buah-buahan untuk pastry yang manis. Sehingga anak dan keluarga dapat menyantap sajian pastry dengan gizi yang seimbang.

“Selain sus, kita juga bisa mencoba dengan jenis pastry yang lain dan membuatnya dengan isian yang lebih sehat. Seperti pai, quiche. Kalau pai kan biasanya manis, jadi kita isi dengan buah-buahan, bisa pakai kiwi, stroberi, peach, anggur. Nah kalau quiche ini biasanya asin, jadi biasanya kami isi dengan sosis, daging, bayam, brokoli, jamur, kemudian dimasak dicampur dengan susu, jadi ketika dimakan kandungan gizinya sudah lengkap,” pungkasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5304 seconds (0.1#10.140)