Bisa buat Kesehatan atau Variasi, Ini 5 Makanan Pengganti Nasi

loading...
Bisa buat Kesehatan atau Variasi, Ini 5 Makanan Pengganti Nasi
Ada banyak alternatif pengganti nasi yang dapat membantu Anda memenuhi tujuan kesehatan atau sekadar menambah variasi pada makanan. / Foto: ilustrasi/thespruceeats
A+ A-
JAKARTA - Nasi merupakan makanan pokok banyak orang yang mengenyangkan, dan bisa menjadi tambahan rasa ringan yang enak untuk hidangan beraroma. Namun, nasi --khususnya nasi putih- mungkin tidak sesuai untuk kebutuhan makanan semua orang.

(Baca juga: Hangatkan Tubuh di Kala Hujan, Yuk Bikin Mi Ayam Kangkung)

Misalnya, orang yang mencoba makan lebih sedikit karbohidrat atau kalori menginginkan alternatif yang lebih ringan seperti kembang kol yang dibumbui. Selain itu, mengganti nasi dengan pilihan alternatif sehat, seperti biji-bijian lainnya.

Ada banyak alternatif pengganti nasi yang dapat membantu Anda memenuhi tujuan kesehatan atau sekadar menambah variasi pada makanan Anda. Berikut 5 makanan pengganti nasi seperti dilansir dari Healthline, baru-baru ini.



1. Quinoa

Pengganti nasi yang populer ini bebas gluten dan jauh lebih tinggi proteinnya daripada nasi. Faktanya, satu porsi 1/2 cangkir (92 gram) quinoa matang menyediakan 4 gram protein atau dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi yang sama dengan nasi putih.

Quinoa adalah protein lengkap, artinya mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Ini menjadikannya sumber protein yang bagus untuk vegetarian. Quinoa merupakan sumber mineral penting magnesium dan tembaga, yang memainkan peran penting dalam metabolisme energi dan kesehatan tulang.



Untuk memasaknya, campurkan satu bagian quinoa kering dengan dua bagian air dan didihkan. Tutup dan kecilkan api, biarkan mendidih sampai semua air terserap. Angkat quinoa yang sudah matang dan diamkan selama 5 menit, lalu haluskan dengan garpu. Jika Anda sensitif terhadap gluten, beli quinoa yang bersertifikat bebas gluten karena risiko kontaminasi silang.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top