Menikmati Menu Sehat khas Belanda di Garden Restaurant

Sabtu, 14 Mei 2016 - 14:01 WIB
Menikmati Menu Sehat khas Belanda di Garden Restaurant
Menikmati Menu Sehat khas Belanda di Garden Restaurant
A A A
BANDUNG - Siapa bilang makanan yang sehat rasanya tidak enak? Jika anda berkunjung ke Garden Restaurant yang ada di Hotel Savoy Homann Bandung, maka persepsi anda soal makanan sehat itu tidak enak, akan berubah.

Sajian makanan sehat, tak hanya melulu soal makanan yang serba sayuran. Di sini, kita bisa mencicipi makanan sehat otentik khas Belanda, seperti ‘Boerenkoolstampot’.

Menurut Executive Chef Garden Restaurant di Hotel Savoy Homann Bandung, M. Feisal Rachman, menu yang satu ini merupakan menu yang berupa kentang tumbuk layaknya mashed potatoes dan disajikan dengan irisan sosis yang cukup besar di atasnya. Rasanya yang gurih dan lezat, membuat menu yang satu ini cocok disantap ketika sarapan, atau pun sekedar penahan lapar.

"Pada dasarnya pengolahan kentangnya mirip dengan mashes potatoes. Namun pada menu ini, hidangan kentang tersebut dicampur dengan kale. Kale itu semacam kubis hijau yang menjadi cirri khas makanan Belanda. Namun, di menu kali ini, saya mengokolaborasikannya dengan brokoli sebagai pengganti kale," ujar Feisal saat ditemui Koran Sindo di Hotel Savoy Homann Bandung, belum lama ini.

Cara memasaknyapun tak berbeda jauh dengan mashed potatoes pada umumnya, hanya saja dibubuhkan brokoli agar menu ini lebih sehat. Juga tak diberikan msg (mecin). Sebagai perasa, garam dan merica menjadi pemberi kekuatan rasa pada Boerenkoolstampot.

"Diberikan kaldu ayam sebagai penambah rasa selain garam dan merica. Untuk memberikan tekstur sempurna ditambahkan sedikit saja susu segar dan juga butter. Kemudian di atasnya diberikan potongan sosis sapi," terangnya.

Sosis yang menjadi salah satu hidangan penyerta pun, diolah dengan tidak digoreng, melainkan dengan cara direbus agar kadar minyaknya tidak tinggi.

BDG_Kuliner Belanda Savoy_Anne Rufaidah (5)
Tak hanya menu tersebut, menu sehat lainnya pun bisa diolah dengan bahan dasar ikan salmon. Di tempat ini, akan salmon yang disajikan khas Belanda dinamai ‘Grilled Pink Salmon’. Warna merah muda dalam lapisan dagingnya, membuat daging ini tidak benar-benar matang dan sengaja diproses agar lapisan dagingnya tidak terlalu kering saat akan disantap.

Untuk memasaknya. Ikan salmon yang digunakan seberat 180 gram. Sebelumnya, salmon dimarinasi dengan lada hitam, garam, serta beberapa rempah-rempah rahasia sebagai penambah rasa. Sebagai pelengkap salmon ini disuguhkan dengan spageti bumbu pesto.

"Salmon identik dengan kentang dengan memberikan sedikit sentuhan berbeda kami suguhkannya dengan pasta," ujarnya.

Grilled Pink Salmon yang merupakan makanan sehat ini ditambahkan sayuran segar sebagai pelengkapnya. Juga saus mentega putih dengan rasa lemon sebagai penambah rasa.

"Konsepnya makanan sehat makanya ada sayuran sebagai pelengkap dan spagetinya juga saus pesto yang dimasak dengan bumbu sayuran," pungkasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6129 seconds (0.1#10.140)