Resep Camilan Libur Akhir Pekan, Nugget Ayam Homemade

Sabtu, 21 Mei 2016 - 05:01 WIB
Resep Camilan Libur Akhir Pekan, Nugget Ayam Homemade
Resep Camilan Libur Akhir Pekan, Nugget Ayam Homemade
A A A
JAKARTA - Membuat nugget ayam sendiri dirumah tentu akan lebih sehat, aman, dan tentunya nikmat. Nugget homemade ini tak hanya bisa menjadi santapan siang dirumah, juga bisa menjadi bekal ke kantor ataupun untuk anak-anak. Anda hanya perlu membuatnya sedikit lebih banyak kemudian membuat variasi dari adonan nugget itu sendiri.

Untuk anak-anak, Anda bisa menambahkan parutan wortel, buncis, atau keju di dalamnya. Sedangkan untuk orang dewasa, Anda bisa menambahkan bubuk cabai jika ingin sensasi rasa yang lebih pedas.

Dilansir Kitchn, berikut resep dasar membuat nugget ayam yang mudah dan cepat dalam membuatnya. Selamat mencoba!

Bahan-bahan:
2 potong dada ayam tanpa tulang ukuran besar, potong-potong dan haluskan sebentar dengan food processor dan jangan sampai terlalu halus
200 gram tepung terigu atau tepung bumbu, sesuai selera

2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
250 gram tepung panir kasar
1/2 sdt bawang putih bubuk

1/2 sdt lada putih atau hitam bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:
* Panaskan oven sampai 425 ° F. Siapkan loyang yang telah dilapisi dengan kertas roti, sisihkan.

* Siapkan bahan-bahan untuk breading dalam tiga macam mangkuk yang terpisah, yakni mangkuk untuk 125 gram tepung terigu, mangkuk berisi telur kocok, dan mangkuk berisi tepung panir yang telah dicampur dengan bubuk bawang putih, garam, dan lada.

* Campurkan sisa tepung terigu dengan ayam yang telah sedikit dihaluskan, aduk rata. Ambil adonan ayam secukupnya, bentuk sesuai selera, kemudian celupkan ayam ke dalam telur, selanjutnya ke tepung panir, kemudian tepung terigu, telur, dan terakhir kembali ke tepung panir, dan susun ayam diatas loyang. Lakukan hingga adonan ayam habis.

* Panggang nugget ayam hingga berwarna cokelat keemasan dan matang, kurang lebih selama 10 sampai 12 menit. Jangan lupa sempatkan untuk membalik nugget agar kedua sisinya matang sempurna. Keluarkan dari oven dan sajikan dengan cocolan saus tomat dan sambal.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7829 seconds (0.1#10.140)
pixels