30 Jenis Makanan Indonesia Dipamerkan di Tokyo

Kamis, 26 Mei 2016 - 23:30 WIB
30 Jenis Makanan Indonesia...
30 Jenis Makanan Indonesia Dipamerkan di Tokyo
A A A
TOKYO - Indonesia yang memiliki beragam kuliner nusantarnya dapat memberikan peluang besar untuk dikenal ke seluruh dunia dalam hal kuliner. Kali ini, Indonesia berkesempatan menggelar ajang pameran kuliner di Jepang.

Acara ini digelar oleh Djarum Foundation yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo. Duta Besar RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra mengatakan acara ini digelar untuk lebih memperkenalkan kuliner Indonesia kepada masyarakat Jepang dan untuk mengejar kepopuleran masakan Thailand.

"Kita perlu promosi besar-besaran dan standarisasi makanan kita, misalnya yang disebut pedas itu bagaimana, pedas sedang itu seperti apa. Ini yang perlu kita standarisasikan karena di mana-mana pedas kita itu berbeda," papar Yusron dalam keterangan resmi yang diterima Sindonews.

Tidak hanya itu, Pakar kuliner Indonesia, William Wongso mengatakan bahwa restoran-restoran Indonesia di luar negeri sebaiknya mulai berani menyajikan menu asli Indonesia dengan cita rasa khas Tanah Air. Standarisasi masakan juga diperlukan agar seluruh orang di dunia tahu bahwa masakan Nusantara memiliki karakter tertentu.

"Kalau selama ini restoran-restoran Indonesia lebih menyesuaikan rasa masakan Indonesia dengan konsumen, sekarang saatnya menambah menu-menu yang lebih otentik sebagai menu tambahan," ujar dia.

Menurut Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H Serad KBRI di berbagai negara perlu memiliki standar khusus tentang masakan Tanah Air. Hal itu antara lain dapat dilakukan dengan menciptakan calon-calon tenaga profesional dari sekolah-sekolah kejuruan Indonesia.

"Kurikulum yang dibuat oleh pemerintah itu perlu disesuaikan. Yang kami berikan adalah kurikulum yang sesuai dengan industri saat ini," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0693 seconds (0.1#10.140)