Planet Haji Umrah Jadi Pilihan Destinasi Wisata Belanja di Jakarta

Senin, 06 Juni 2016 - 10:48 WIB
Planet Haji Umrah Jadi Pilihan Destinasi Wisata Belanja di Jakarta
Planet Haji Umrah Jadi Pilihan Destinasi Wisata Belanja di Jakarta
A A A
JAKARTA - Meningkatnya antrean jumlah calon jamaah haji menyebabkan umat islam yang ingin berhaji lebih memilih melakukan umrah lebih dahulu. Kondisi ini berimbas pada meningkatnya jumlah biro travel haji dan umrah. Yang tak kalah pentingnya dalam perjalanan ibadah ini adalah ketersediaan perlengkapan dan oleh-oleh haji dan umrah.

Saat ini umat islam yang tak perlu repot lagi untuk membawa oleh-oleh dari tanah suci yang umumnya menambah biaya bagasi. Sebab jamaah haji dan umrah bisa memperolehnya di Jakarta. Terletak di pusat perbelanjaan Thamrin City lantai 3A, jamaah haji dan umrah dapat memperoleh perlengkapan haji dan umrah sekaligus melakukan wisata belanja di Planet Haji Umrah (PHU).

Kawasan yang menawarkan tempat belanja yang didalamnya terdapat biro perjalanan haji umrah, toko perlengkapan dan oleh-oleh haji umrah yang dijamin keasliannya seperti di tanah suci.

Koordinator Komunitas Pedagang PHU Teguh Imam Perdana mengatakan, tujuan dibuatnya kawasan ini selain untuk syiar islam sekaligus membantu jamaah dalam beribadah.

"Kedepan PHU akan terus dikembangkan baik kawasan maupun pedagangnya agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Ini disiapkan tidak hanya sebagai tempat kawasan belanja religi saja, tetap menyiapkan untuk tempat manasik. Sehingga setelah latihan manasik bisa langsung berburu perlengkapan ibadah dan oleh-oleh haji umrah," katanya dalam peluncuran Planet Haji Umrah, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Selain itu, lanjutnya masyarakat juga mendapatkan edukasi bagaimana cara memilih kurma yang berkualitas dan layak konsumsi.

Teguh optimisi bila pemerintah dan segenap elemen pariwisata nasional serta ibukota Jakarta bergerak, Planet Haji Umrah bisa menjadi destinasi wisata religi yang lebih menarik bagi turis dalam dan luar negeri.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fikri Faqih menegaskan, pentingnya kesiapan sumber daya manusia (SDM) untuk menjadikan kawasan tersebut destinasi wisata belanja.

"Kalau dibandingkan dengan di tempat lain, kalau Planet Haji Umrah jadi destinasi wisata belanja yang diperlukan kesiapan SDM-nya, kalau bisa melengkapi dengan bahasa Melayu. Sebab mereka yang datang bukan hanya dari Indonesia namun dari negeri Jiran," katanya.

Dengan dibukanya Planet Haji Umrah, perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta Ahmad Yani berharap para pedagang mengutamakan kualitas barang, keasliannya dan harga terjangkau sehingga tidak ada komplain dari masyarakat.

"Pelayanannya juga harus jujur, ramah dan bertanggung jawab. Travel agent yang ada semuanya yang memiliki izin," ujarnya.

Ia menekankan ketika Thamrin City lantai 3A menjadi destinasi wisata belanja baru di Jakarta promosi harus terus menerus dilakukan.

"Promosi harus terus menerus dilakukan warga DKI Jakarta dan syukur-syukur seluruh Indonesia. Namun fasilitasnya juga harus diutamakan misalnya parkir, masjid, atm dan money changer," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7902 seconds (0.1#10.140)