Bagaimana Cara Makan Takjil yang Sehat?

Senin, 06 Juni 2016 - 16:20 WIB
Bagaimana Cara Makan Takjil yang Sehat?
Bagaimana Cara Makan Takjil yang Sehat?
A A A
JAKARTA - Selama menjalankan puasa satu bulan penuh, takjil menjadi menu wajib saat berbuka puasa. Beragam takjil seperti gorengan, sirup dan kolak pisang menjadi salah satu menu yang selalu dikonsumsi saat berbuka puasa.

Sayangnya, makanan dan minuman tersebut tidak dianjurkan oleh para pakar kesehatan. Pasalnya, hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan. Hal ini pun akan diperparah jika mengonsumsi menu tersebut secara berlebihan.

Pakar kesehatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM, FACP menyarankan untuk memperhatikan porsi saat mengonsumsi takjil. Pastikan juga tidak mengonsumsi takjil secara berlebihan dan macam-macam.

"Menyantap takjil saat berbuka puasa tidak perlu macam-macam. Cukup tiga buah kurma dan semangkuk kecil kolak. Jangan lupa dahului dengan segelas air putih hangat. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gula pasir yang membuat asupan kalori menjadi tinggi. Yang terpenting mengonsumsi buah dan sayur" papar Dr Ali Fahrial Syam di Jakarta.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6652 seconds (0.1#10.140)