Tips Puasa Sehat, Ini 6 Hal yang Boleh dan Tidak Dilakukan

Jum'at, 24 Maret 2023 - 07:25 WIB
loading...
Tips Puasa Sehat, Ini 6 Hal yang Boleh dan Tidak Dilakukan
Tips puasa sehat selama bulan Ramadhan penting untuk diketahui. Hal ini bertujuan agar ibadah yang dilakukan selama satu bulan ini berjalan lancar dan sehat. Foto/Harvard Health
A A A
JAKARTA - Tips puasa sehat selama bulan Ramadhan penting untuk diketahui. Hal ini bertujuan agar ibadah yang dilakukan selama satu bulan ini berjalan lancar dan tubuh tetap sehat.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui cara menjaga kesehatan selama puasa . Mereka banyak mengonsumsi makanan manis atau berminyak saat buka puasa hingga menyebabkan muncul penyakit.

Mulai dari obesitas hingga kolesterol. Karena itu, penting untuk mengetahui beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama puasa agar tetap sehat. Lantas apa saja hal tersebut?

Tips Puasa Sehat


Berikut hal yang boleh dan tidak dilakukan saat puasa agar tubuh tetap sehat dilansir dari Times Now News, Jumat (24/3/2023).


1. Prioritaskan Kesehatan


Jika Anda merasa tidak enak badan, jangan berpuasa. Hal ini bisa melelahkan dan membuat tubuh berisiko mengalami sakit lebih lanjut. Pastikan Anda memprioritaskan kesehatan dan puasa hanya ketika Anda siap.

2. Terhidrasi


Cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan menjaga diri tetap terhidrasi selama puasa. Konsumsi air 2 liter dalam sehari agar tubuh selalu terhidrasi.

3. Niat


Mungkin tidak mudah untuk mengikuti rutinitas puasa yang konsisten untuk suatu periode tertentu. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa Anda tidak kehilangan motivasi di tengah jalan, ingatkan diri Anda mengapa berpuasa.


4. Hindari Konsumsi Makanan Tidak Sehat


Buka puasa adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Namun, banyak orang kalap saat berbuka hingga mengonsumsi makanan tidak sehat. Oleh karena itu, pastikan tidak melupakan kesehatan dalam hal puasa. Makan makanan sehat yang kaya serat dan protein dan jangan lupa untuk menghidrasi tubuh.

5. Hindari Tugas Berat


Puasa bisa menjadi periode yang melelahkan. Karena seseorang sudah kehabisan energi saat berpuasa, sehingga tugas-tugas berat bisa dihindari. Sementara olahraga, hanya direkomendasikan dengan intensitas ringan.

6. Jangan Terburu-buru Buka Puasa


Pelengan-pelan jangan mengonsumsi semua makanan sekaligus karena dapat membuat tubuh berisiko mengalami masalah pencernaan. Selanjutnya, terburu-buru berbuka puasa dapat meningkatkan risiko makan berlebihan.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)