Berapa Idealnya Berat Badan Turun Selama Puasa?

Selasa, 07 Juni 2016 - 09:25 WIB
Berapa Idealnya Berat Badan Turun Selama Puasa?
Berapa Idealnya Berat Badan Turun Selama Puasa?
A A A
JAKARTA - Tak hanya dijadikan waktu untuk beribadah, puasa juga kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk menurunkan berat badan. Namun, berapakah idealnya berat badan yang turun selama menjalankan puasa Ramadhan?

Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK mengatakan, idealnya seseorang yang menjalankan puasa, turun 1 kilogram selama 1 minggu. Meski demikian, pola makan sehat tetap harus diterapkan.

"Sebisa mungkin turun 1 kilo. Tapi tetap pola makan sehat harus diterapkan. Kalau puasa kita kan suka makan banyak manis pas buka, terus ditambah gorengan dengan porsi besar itu ya nggak akan turun. Malah berat badan semakin naik," papar dr Marya kepada Sindonews di Jakarta.

Sementara untuk orang dengan obesitas, dr Marya menyarankan untuk lebih rutin dan fokus. Menurut dr Marya, selama puasa seseorang seharusnya bisa mengendalikan diri, baik untuk makan dan minum. Dengan demikian menurunkan berat badan akan mudah.

"Seharusnya, setelah puasa Ramadhan, kita menjadi lebih baik untuk semua hal, termasuk mengendalikan makan. Asupan makan yang kurang selama berpuasa menyebabkan asupan kalori berkurang. Dan ini menyebabkan terjadinya penurunan berat badan," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7382 seconds (0.1#10.140)