Baik Dikonsumsi saat Puasa, Ini Lima Manfaat Buah Kurma

Jum'at, 22 Mei 2020 - 16:00 WIB
loading...
Baik Dikonsumsi saat Puasa, Ini Lima Manfaat Buah Kurma
Buah kurma tidak hanya baik dikonsumsi saat Ramadhan, tapi baik juga dikonsumsi setiap hari. / Foto: ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Buah kurma yang berasal dari Timur Tengah diketahui memiliki banyak khasiat. Manfaatnya untuk kesehatan sudah tersiar sejak zaman para nabi. Makanya buah yang kecil namun kaya manfaat ini jadi santapan yang kerap hadir di tiap-tiap rumah, apalagi saat bulan puasa.

Mengandung vitamin, zat besi, dan kalium, kurma tidak hanya baik dikonsumsi saat Ramadhan, tapi baik juga dikonsumsi setiap hari. Lantas, apa aja sih manfaat buah kurma sehingga direkomendasikan banyak ahli kesehatan? Dilansir dari berbagai sumber Kurio, berikut ini 5 alasan kenapa buah kurma baik untuk nutrisi saat puasa.

1. Mengurangi Rasa Haus

Biasanya kurma dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Namun manfaat buah kurma juga bisa didapatkan jika dikonsumsi saat sahur. Karena kandungan mineral pada kurma yang cukup tinggi, bisa membantu Anda biar enggak gampang haus saat seharian berpuasa.

Disarankan untuk mengonsumsi 3 butir kurma saat sahur seperti yang dianjurkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

2. Menahan Lapar

Selain mengurangi rasa haus, kurma bisa membantu menahan rasa lapar. Kandungan serat yang dimiliki kurma, dan kandungan gula yang cukup tinggi pada buah kurma bakal bikin lebih cepat kenyang. Nah, jika mengonsumsi kurma sebagai takjil, sebaik Anda mengurangi juga asupan kalori saat berbuka.

Dan ketika dikonsumsi saat sahur, buah kurma yang memiliki kandungan glukosa lambat lepas ini, baik sebagai cadangan energi saat akan menjalankan puasa.

3. Cepat Mengembalikan Energi

Saat berbuka, direkomendasikan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dulu. Buah kurma merupakan rekomendasi pilihan makanan yang baik untuk pencernaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)