Kalap Saat Buka Puasa Picu Sembelit

Kamis, 09 Juni 2016 - 08:50 WIB
Kalap Saat Buka Puasa Picu Sembelit
Kalap Saat Buka Puasa Picu Sembelit
A A A
JAKARTA - Berbuka puasa kerap dijadikan ajang "balas dendam" oleh sejumlah orang. Akibat telah menahan rasa lapar dan haus kurang lebih selama 14 jam, berbagai jenis makanan dan minuman pun langsung di santap. Padahal, kalap mengonsumsi makanan memicu masalah kesehatan, salah satunya sembelit.

"Jangan kalap ketika berbuka puasa, atau balas dendam istilahnya. Kalau kalap ketika berbuka bukannya jadi detoksifikasi tubuh, malah bikin sembelit dan sakit perut," papar pakar kesehatan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM, FACP di Jakarta.

Lanjut dr Ari Fahrial menjelaskan, sembelit terjadi karena adanya pengerasan kotoran di dalam perut dan susah untuk dikeluarkan. Namun saat puasa, sembelit dipicu oleh banyaknya mengonsumsi gorengan dan minuman manis saat berbuka puasa.

Puasa memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Mulai dari detoksifikasi hingga penurunan radikal bebas pada tubuh yang berpuasa. Sementara, radikal bebas muncul dari makanan yang dikonsumsi dan bersifat racun.

"Puasa juga memberi kesempatan bagi pankreas, liver untuk istirahat. Dan kalau bicara soal istirahat, tentu berkaitan dengan regenerasi. Ada proses tubuh memperbaiki bagian yang rusak. Bukti-bukti klinis mengatakan demikian," jelasnya.

Namun sayang, manfaat tersebut akan hilang jika Anda kalap saat berbuka puasa dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Agar tetap sehat, dr Ari menyarankan untuk berbuka puasa dengan teh manis dan kurma.

"Hindari balas dendam. Sebenarnya kalau puasanya benar-benar, kebutuhan sembako harusnya menurun. Bukan malah naik di bulan puasa," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8844 seconds (0.1#10.140)