Tips Mengatur Emosi Saat Puasa

Jum'at, 10 Juni 2016 - 11:51 WIB
Tips Mengatur Emosi Saat Puasa
Tips Mengatur Emosi Saat Puasa
A A A
JAKARTA - Menjalankan puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia. Dalam kesempatan ini, setiap umat muslim tak hanya menahan haus dan lapar, tapi juga dianjurkan untuk menahan emosi.

Oleh karena itu, agar puasa tak sia-sia pastikan Anda bisa mengelola emosi dengan tepat. Berikut cara mengelola emosi yang tepat saat menjalankan puasa yang dilansir dari Psychology Today.

1. Hindari situasi yang bisa memicu amarah
Pastikan Anda menghindari situasi yang bisa memicu amarah. Seperti menghindari kemacetan di jalan yang bisa memicu emosi. Cara ini pun dipercaya menjadi salah satu langkah yang tepat untuk mengelola emosi.

2. Alihkan emosi
Jangan terburu-buru terpancing emosi ditengah diskusi dalam pekerjaan. Biasakan diri untuk bersikap tenang dan mengelola emosi diri sendiri. Alihkan emosi Anda dengan membayangkan sesuatu yang membuat diri Anda senang dan tenang.

3. Ubah pola pikir
Salah satu penyebab emosi adalah pola pikir yang dimiliki. Oleh karena itu, agar terhindar dari emosi, ubah pola pikir Anda. Umumnya, emosi dipicu oleh pola pikir yang negatif, kecemasan dan kegagalan.

4. Ubah respons
Ketika emosi datang, ubah respons Anda. Caranya, ambil napas dalam-dalam dan menutup mata sejenak untuk menenangkan diri. Cara ini pun dipercaya bisa mengembalikan energi positif.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3746 seconds (0.1#10.140)