Atasi Sembelit Selama Puasa dengan Sayuran

Senin, 13 Juni 2016 - 15:25 WIB
Atasi Sembelit Selama Puasa dengan Sayuran
Atasi Sembelit Selama Puasa dengan Sayuran
A A A
JAKARTA - Selain gangguan pencernaan dan masalah bau mulut, susah buang air besar atau sembelit juga menjadi salah satu masalah yang kerap dikeluhkan banyak orang saat menjalankan puasa. Umumnya, hal ini disebabkan oleh perubahan pola makan dan mengonsumsi makanan yang tak sehat.

Agar tetap bisa menjalankan puasa Ramadhan dan mendapatkan manfaatnya, atasi hal tersebut dengan mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini. Berikut ulasannya yang dilansir dari Boldsky.

1. Mengonsumsi banyak sayuran
Kandungan serat dalam sayuran akan membantu mencegah Anda dari sembelit saat puasa. Sejumlah sayuran yang baik dikonsumsi antara lain buncis hingga kacang polong.

2. Buah-buahan
Sama seperti sayuran, buah yang kaya akan serat, seperti apel, pisang, pepaya, markisa dan alpukat juga baik dikonsumsi saat puasa. Buah-buahan tersebut akan membantu Anda terhindar dari sembelit.

3. Jus buah
Air kelapa, jus semangka, jus jeruk, dan jus anggur yang dikonsumsi selama puasa dipercaya bisa mencegah dehidrasi hingga sembelit.

4. Yogurt
Kandungan probiotik pada yogurt akan mencegah sembit yang dipicu oleh makanan rendah kalori. Selain mencegah sembelit, mengonsumsi yogurt saat puasa juga bisa menyehatkan pencernaan.

5. Mengonsumsi makanan rendah lemak
Ayam tanpa kulit dan ikan mengandung rendah lemak dan sumber protein yang baik untuk mencegah sembelit. Jangan lupa juga untuk memperbanyak mengonsumsi air selama puasa.

6. Mengonsumsi kurma
Kaya akan manfaat, seperti sumber serat, karbohidrat, kalium, magnesium dan gula alami membuat kurma baik untuk kesehatan. Termasuk untuk mencegah sembelit saat puasa.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7670 seconds (0.1#10.140)